Home >> Berkendara >> Petunjuk cara parkir mobil matic secara paralel maupun sejajar

Petunjuk cara parkir mobil matic secara paralel maupun sejajar

Cara parkir mobil matic memerlukan sedikit pengetahuan dan pengalaman. Berikut petunjuk lengkap parkir secara paralel maupun sejajar dengan benar. Mobil jenis transmisi matic ini mempunyai tampilan tuas transmisi sedikit berbeda dengan mobil manual. Padahal sebagian besar masyarakat indonesia lebih paham dan terbiasa dengan cara kerja sistem transmisi manual dari pada sistem transmisi mobil matic.

Setelah berhasil belajar mengemudi mobil sebaiknya belajar parkir sekalian sebab kedua hal tersebut saling berhubungan. Saat belajar cara parkir mobil harus memperhatikan kondisi jalan dan tempat parkir. Ada baiknya saat keadaan sepi. Berikut tips dan teknik parkir mobil yang praktis dan simple. Dengan tips parkir mobil anda tentu lebih cepat belajar cara parkir kendaraan yang benar.

Yuk mulai belajar menempatkan mobil yang baik dan benar. Anda bila lho latihan parkir sendiri. Meskipun belum dapat mengemudi mobil tapi kemungkinan besar telah paham tampilan tuas transmisi mobil manual, tapi dengan mobil matic hanya mereka yang pernah mengemudikan mobil transmisi matic saja yang paham tentang sistem tuas dan cara kerja gigi porsneleng mobil matic. Sehingga ketika anda kebetulan membawa mobil matic tentu kebingungan saat memarkir kendaraan.

Jika anda memarkir mobil matic di garasi rumah atau di tempat sepi dan lapang tentu tidak ada kendala yang berarti. Namun bagaimana jika suatu saat anda harus membawa mobil matic di mall atau di pinggir jalan raya berbarengan dengan mobil lain saat ada acara penting misalnya. dalam hal ini keluar masuk mobil bisa sewaktu waktu, sehingga tukang parkir kadang harus menggeser mobil tanpa sepengetahuan anda.

Jika anda parkir secara normal tentu merepotkan kendaraan lain yang mau keluar atau masuk.Dalam kesempatan kali ini admin hanya akan menjelaskan cara parkir yang aman dan tidak merepotkan pengendara lain saat ruang parkir harus bergantian dengan kendaraan lain karena adanya mobil masuk dan juga saat kendaraan lain akan keluar. Silahkan pelajari teknik cara parkir cepat dan aman. Keadaan demikian biasanya terjadi pada parkiran di depan pertokoan atau ketika sedang mengunjungi upacara pernikahan. Cara memarkir mobil yang benar dan aman telah kami bahas di cara parkir mobil mundur.

parkir mobil matic

Sebelum admin distributorbanradial.com membahas cara parkir paralel maupun sejajar pada mobil matic. Maka sebelumnya kita lihat dulu fungsi dan kegunaan setiap huruf yang tertera pada tuas sistem mobil matic. Secara umum tampilan huruf huruf dalam sistem transmisi mobil matic adalah :Tombol Shift Lock : Tombol ini hanya ada pada mobil matic generasi baru. Tombol Shift Lock berfungsi sebagai pengunci roda mobil pada posisi tuas tertentu. Tombol Shift Lock sangat bermanfaat saat anda memarkir kendaraan pada keadaan tertentu dengan fungsi keamanan standar.

  • Tombol P : Disebut juga sebagai “Park” berfungsi saat parkir dengan posisi roda terkunci.
  • Tombol R : Disebut juga sebagai “Reverse” berfungsi saat mobil berjalan mundur.
  • Tombol N : Disebut juga sebagai “Netral” pada keadaan ini baik roda maupun putaran mesin dalam posisi bebas.
  • Tombol D-3 : Tombol D merupakan sistem matic secara sempurna karena berfungsi untuk semua percepatan maju kendaraan, sedangkan angka 3 berarti sebagai gigi 3 ( top gear ).
  • Tombol 2 : Dapat diartikan sebagai gigi 2 atau percepatan menengah.
  • Tombol L : Dapat diartikan sebagai gigi 1 dan berguna saat melaju pada posisi jalan turunan maupun tanjakan tajam.

Setelah anda mengetahui setiap fungsi dari tombol, huruf, maupun angka yang terdapat pada sistem transmisi gigi mobil matic, maka sekarang kita bahas cara parkir paralel maupun parkir sejajar yang aman namun tidak merepotkan pengendara lain karena mobil anda masih dapat bergeser maju dan mundur dan dalam posisi aman.

Secara normal tentunya anda akan memposisikan tuas pada tombol P sehingga roda mobil terkunci dan alarm juga berfungsi. Dalam keadaan demikian tentu saja mobil anda tidak dapat digeser dan hal ini dapat merepotkan pengendara lain yang akan masuk maupun keluar karena tempat terbatas. Namun jika posisi N, maka saat anda tinggalkan mobil dapat bergerak maju mundur, tetapi keadaan ini sangat tidak aman karena alarm tidak berfungsi sehingga rawan pencurian.

Yang menjadi kendala adalah bagaimana posisi tuas transmisi mobil matic sehingga saat anda pergi masih dapat bergeser maju dan mundur dan juga aman karena semua kunci pintu berfungsi dan alarm juga dapat difungsikan, berikut rahasia cara parkirnya.

Saya anggap anda telah berhasil menempatkan atau memarkir dalam posisi mobil dengan benar. Berhubung saat anda pergi mobil harus dapat bergerak karena memberi jalan pada kendaraan lain, hal ini biasanya dilakukan oleh juru parkir. Maka posisikan tuas transmisi pada posisi P sebagaimana biasanya.

Selanjutnya tekan tombol Shift Lock dan tahan sambil menggeser tombol dari P ke N. Langkah berikutnya silahkan keluar dan pencet alarm untuk mengunci. Pada keadaan demikian selain mobil anda dapat diseger secara manual dari luar dan tetap aman karena semua pintu terkunci dan alarm juga berfungsi. Namun cara demikian mempunyai kelemahan karena kendaraan dapat bergerak sendiri jika berada di jalan yang tidak rata. Sehingga jika terpaksa harus demikian disarankan untuk mengganjal roda dengan batu yang cukup besarnya untuk menahan laju kendaraan. Pelajari cara belajar mengemudi mobil.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *