Home >> Berkendara >> Petunjuk cara mengganti ban mobil di perjalanan

Petunjuk cara mengganti ban mobil di perjalanan

Bagaimana cara mengganti ban mobil di tengah perjalanan. Bagi para pemilik kendaraan roda empat khususnya pemilik mobil pribadi minimal harus mengetahui cara mengganti ban mobil. Meskipun sangat jarang terjadi, namun masalah di perjalanan dapat saja anda alami. Mau tidak mau anda harus mampu mengganti ban mobil, khususnya mobil anda sendiri. Untuk itu anda harus belajar tentang bagaimana cara mengganti ban. Sebagai pemilik mobil sudah seharusnya anda paham cara ganti ban mobil sendiri, hal ini akan sangat berguna saat ada masalah di perjalanan.

Cara ganti ban mobil cukup gampang, berikut petunjuk lengkap setahap demi setahap cara ganti ban mobil diperjalanan. Untuk itu sebelum anda melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi disarankan untuk memeriksa : level oli mesin, tekanan angin ban, karburator, dan lainnya. Jika tarikan gas tersendat dan tidak lancar, biasanya karburator mobil anda kotor, untuk itu anda harus mencucinya dan setting karburator mobil anda.

Halangan diperjalanan dapat dialami oleh siapa saja termasuk anda. Kemungkinan mengalami ban bocor atau bahkan pecah ban, sehingga dengan terpaksa anda harus mampu melakukannya seorang diri. Beruntung jika kejadian ban bocor pada siang hari dan kebetulan dekat dengan tukang tambal ban. Lantas bagaimana jika kejadiannya di tengah hutan, maka hal ini harus dapat anda lakukan seorang diri. Untuk itu sudah seharusnya anda belajar cara mengganti ban mulai sekarang.

Cara mengganti ban mobil tidak harus dilakukan oleh tukang tambal ban. Anda dapat belajar dengan mudah dan tentu saja anda dapat melakukannya sendiri, tentu saja akan lebih mudah dan cepat jika ada teman yang membantu. Namun bagaimana jika kebetulan anda sedang sendirian.

Ketika ban mobil anda kempes atau bocor atau bahkan mungkin mengalami pecah ban. Maka anda harus menggantinya saat itu juga, karena tentu saja kendaraan anda tidak dapat dipaksakan jalan dengan kondisi demikian. Beruntung sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 22 tahun 2009 khususnya pasalĀ *Pasal 278* yang menyatakan bahwa kendaraan roda empat ( mobil ) harus membawa ban serep yang siap pakai.

cara ganti ban

Jangan membawa ban serep yang bocor. Jangan pula membawa ban serep dengan alur ban gundul. Sebaiknya ban serep anda masih dalam kondisi bagus dan layak pakai, dan jangan lupa sesuaikan dengan ban kendaraan anda. Karena ban serep mempunyai fungsi yang sangat penting, jadi harus anda perhatikan keberadaannya.

Loading...

Bagi pemilik baru kendaraan roda empat ( mobil ) sebaiknya mulai belajar bagaimana cara mengganti ban yang cepat dan aman. Berikut petunjuk praktis cara mengganti ban mobil :

loading...

1. Ketika ban mobil anda bermasalah ( bocor, kempes, atau pecah ) usahakan tetap tenang dan tidak panik. Segera pinggirkan mobil anda dan periksa ban sebelah mana yang bermasalah. Disarankan memilih tempat ramai. Hal ini untuk antisipasi adanya tindak kejahatan yang sedang marak.

2. Jika sebelah kanan, maka anda dapat mulai menggantinya, namun jika sebelah kiri sebaiknya geser mobil anda sehingga anda dapat mengganti ban dengan mudah tanpa terhalang trotoar.

3. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memasang segitiga pengaman di belakang mobil anda sebelah kanan. Hal ini untuk memberikan isyarat pada kendaraan lain bahwa kendaraan anda sedang mengalami masalah. Usahakan penempatan segitiga pengaman dapat dilihat dengan mudah oleh pengendara lain dan jangan mengganggu laju kendaraan lain. Jangan lupa nyalakan lampu darurat ( lampu hazard ).

4. Ambil kunci kunci yang diperlukan dan jangan lupa ambil dongkrak. Dongkrak juga wajib dibawa oleh pengendara. Ada satu hal yang sering dilupakan dan ini amat sangat penting untuk anda jalankan. Selama anda mengganti ban jangan lupa kunci mobil anda. Banyak kejahatan terjadi ketika seseorang meninggalkan mobil walaupun sementara.

5. Selanjutnya anda keluarkan ban serep. Pada kendaraan daihatsu Xenia dan sejenisnya dengan membuka baut yang terdapat di bagian belakang, jadi anda harus membuka pintu belakang dan lihat kebawah ada baut 17 dan putar berlawanan arah dengan jarum jam, maka ban akan bergeser turun.

baut untuk menurunkan ban serep
Letak baut untuk mengendorkan dudukan ban serep

6. Kendorkan ( berlawanan arah dengan jarum jam ) 4 baut ban dan jangan dilepas dulu. Kemudian dongkrak ban yang bermasalah hingga sedikit terangkat. Perhatikan cara penempatan dongkrak. Salah menempatkan dapat merusak komponen kendaraan anda. Penempatan dongkrak biasanya pada plat ( kerangka ) yang berada dekat ban.

cara dongkrak ban
Perhatikan letak dongkrak ban yang benar. Kesalahan meletakkan posisi dongkrak dapat berakibat fatal.

7. Setelah ban terangkat lepas semua baut dan angkat ban.

8. Pasang ban serep dan pasang baut dan jangan dulu dikencangkan. Kemudian kendorkan dongkrak hingga ban menyentuh aspal. Tarik kembali dongkrak anda.

9. Terakhir kencangkan. Diperlukan trik tersendiri untuk mengencangkan baut. Kencangkan baut dengan menyilang, misalnya pertama atas kemudian bawah terus kanan dan kiri. Disarankan ketika mengencangkan baut jangan langsung kencang. Kencangkan sedikit demi sedikit.

10. Setelah selesai pemasangan baut, cek kembali. Taruh ban bocor ke tempat ban serep.

11. Selesai sudah anda mengganti ban dan siap berangkat kembali.

Saran

Waspada ketika anda mengalami kempes ban pada tempat tempat sepi, karena bisa jadi ulah para penjahat. Jika anda mengalami hal ini disarankan untuk melajukan mobil anda ketempat yang ramai. Baca juga harga motor yamaha terbaru.

Leave a Reply