Home >> Berkendara >> Petunjuk bagaimana menjaga keselamatan di jalan raya saat berkendara

Petunjuk bagaimana menjaga keselamatan di jalan raya saat berkendara

Keselamatan jalan raya merupakan hal paling penting saat berkendara. Banyak kecelakaan terjadi justru disebabkan oleh faktor kelalaian penggunanya. Hal ini disebabkan oleh tingkat kesadaran pengguna jalan raya yang semakin rendah. Padahal seharusnya faktor keselamatan di jalan raya yang harus diprioritaskan lebih dahulu dari pada kepentingan yang lain.

Banyak pengemudi maupun pengguna jalan lebih mementingkan target sampai tujuan dengan berbagai alasan, sehingga mereka lebih sering melaju dengan kecepatan tinggi dan kurang memikirkan faktor keselamatan diri sendiri maupun keselamatan pengguna jalan yang lain. Padahal jika kita mau bersabar dan saling menghormati tentu dapat meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Pelajari belajar cara mengemudi mobil yang benar.

Penyebab tingginya gangguan dan kecelakaan di jalan raya juga disebabkan oleh tingkat kepatuhan terhadap undang undang jalan raya yang masih rendah. Menerobos lampu merah dan palang pintu kereta api masih sering kita temui saat ini. Padahal lampu merah dan palang pintu kereta api berguna untuk menjaga keselamatan pengguna jalan sendiri.

Kecelakaan kereta api masih sering kita dengar dengan sejumlah korban meninggal. Seperti kecelakaan kereta listrik ( Commuter Line ) dengan truk tangki bermuatan BBM yang terjadi di perlintasan kereta daerah pondok betung. Dan kecelakaan tersebut disebabkan oleh kelalaian pengemudi yang menerobos palang perlintasan kereta api.

Kalau kita perhatikan lebih teliti, bahwa sebagian besar faktor kecelakaan lalu lintas justru disebabkan oleh pelanggaran terhadap undang undang lalu lintas yang berlaku saat ini yaitu undang undang lalu lintas no 22 tahun 2009. Sehingga jika kita mematuhi undang undang lalin tersebut tentu keselamatan saat berkendara akan terwujud.

keselamatan di jalan raya

 

Saat berkendara di jalan raya sebaiknya anda memperhatikan dan menjalankan berbagai faktor yang menunjang keselamatan dan kenyamanan anda saat melaju di jalan raya. Apalagi jika anda akan menempuh jarak jauh seperti pulang kampung misalnya, maka persiapan secara matang harus dilakukan dengan sebaik baiknya. Secara umum dapat digolongkan menjadi dua macam, yaitu kendaraan anda dan anda sendiri.

Perlengkapan dan kelengkapan kendaraan

  • Untuk kenyamanan dan ketenangan saat melaju di jalan raya sebaiknya anda memperhatikan dan memenuhi perlengkapan dan kelengkapan kendaraan anda, seperti :
  • Membawa surat surat kendaraan : STNK, surat jalan, dan lainnya yang diperlukan.
  • Cek kendaraan sebelum berangkat : Pastikan kendaraan anda dalam keadaan bagus baik mesin maupun navigasinya. Periksa juga tekanan angin pada setiap ban.

Persiapan anda sebelum menempuh perjalanan

Untuk keselamatan dan kenyamanan anda saat melaju di jalan raya, maka disarankan anda memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Cek kembali hal hal yang diperlukan untuk melaju di jalan raya, seperti Surat Ijin Mengemudi maupun perlengkapan yang lain.
  • Bawalah perbekalan secukupnya dan sesuaikan dengan lama perjalanan anda.
  • Pastikan kondisi kesehatan anda sedang dalam keadaan baik. Berkendara saat sedang sakit sangat tidak disarankan.
  • Jika akan menempuh perjalanan yang cukup jauh sebaiknya anda tidak seorang diri.

Kedisiplinan dan kesabaran sangat menunjang keselamatan saat berkendara. Ngebut dan terburu buru justru akan merugikan anda, sehingga sebaiknya saling menghormati antar sesama pengguna jalan justru dapat menciptakan suasana aman dan menyenangkan di perjalanan.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *