Home >> Berkendara >> Perbedaan sistem transmisi mobil manual matic maupun CVT

Perbedaan sistem transmisi mobil manual matic maupun CVT

Apa sih perbedaan sistem transmisi mobil manual, transmisi mobil matic, maupun sistem transmisi CVT. Sistem transmisi CVT banyak diterapkan pada produk mobil honda, bahkan hampir semua mobil honda menerapkan sistem transmisi CVT ini. Dengan demikian mobil produk honda hanya terdapat sistem transmisi manual dan CVT saja. Namun seiring dengan waktu dan demi kenyamanan dalam berkendara, maka mobil dengan sistem matic mulai banyak diminati khususnya oleh masyarakat perkotaan yang cenderung terjadi kemacetan setiap hari.

Pada kenyataannya sistem transmisi mobil model matic kadang masih menimbulkan sedikit hentakan ketika perpindahan gigi transmisi. Hal mana tidak terdapat pada sistem transmisi CVT yang lebih halus bahkan nyaris tanpa hentakan. Pengertian sistem transmisi sendiri adalah perpindahan gerak, yaitu perubahan gerak dari yang satu ke putaran gerak yang lain.

Sistem transmisi mobil adalah perpindahan dari energi listrik ( dapur pacu ) ke energi mekanik ( roda penggerak ) yang terjadi di gearbox. Pelajari cara kerja sistem transmisi pada mobil manual dan mobil matic. Dewasa ini kita mengenal beberapa type sistem transmisi yaitu : manual, matic (otomatis), dan sistem CVT. Sistem transmisi CVT merupakan pengembangan dari sistem transmisi otomatis.

Transmisi manual mobil merupakan sistem perpindahan gigi yang terjadi pada gearbox, di mana di dalam gearbox ini terdapat gigi gigi penggerak untuk merubah percepatan kendaraan. Perpindahan kecepatan ini dibantu oleh Clutch ( yang biasa kita sebut sebagai kopling ). Transmisi mobil manual bekerja dengan dibantu oleh tuas kopling untuk mengarahkan besarnya kecepatan ( gigi ) yang di inginkan. Lihat gambar perpindahan gigi transmisi manual.

Sistem transmisi manual memerlukan kerja tuas kopling dan pedal kopling yang mana cara kerjanya dengan menginjak pedal kopling secara penuh kemudian tuas kopling diarahkan ke gigi porsneleng yang di inginkan. Dalam prakteknya memerlukan ketenangan dan sedikit pengalaman. Sehingga bagi pemula sering menimbulkan masalah. Sehingga mereka memerlukan belajar mengemudi yang baik dan benar.

Transmisi matic mobil yang kita kenal sekarang sebenarnya belum sepenuhnya otomatis. Sistem transmisi ini masih masuk dalam kategori sistem transmisi semi otomatis, sebab masih belum benar benar berjalan otomatis. Dalam sistem transmisi semi matic ini anda masih bisa menggunakan secara manual transmisi, meskipun anda lebih dipermudah dengan tanpa injakan pedal kopling sama sekali.

sistem transmisi mobil

Loading...

Secara umum sistem transmisi CVT merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari sistem transmisi otomatis. Namun demikian sebagian besar pemilik mobil lebih memilih transmisi manual dari pada yang matic maupun CVT. Hal ini kemungkinan disebabkan beberapa anggapan yang keliru bahwa kerusakan mobil matic lebih mahal dari pada mobil transmisi manual.

loading...

Secara umum terdapat perbedaan antara mobil dengan sistem transmisi otomatis dengan transmisi CVT :

TRANSMISI OTOMATIS TRANSMISI CVT
Penggerak utama : torque converter,  planetary gear unit, dan hydraulic control unit Penggerak utama : sabuk baja & pulley
Menggunakan torque converter untuk memperbesar putaran mesin Tidak membutuhkan rpm tinggi saat pemindahan percepatan
Pergerakan pindah gigi terjadi hentakan Pergerakan pindah gigi halus (tanpa hentakan)
Mesin responsif ( dibawah manual ) Tarikan mesin kurang responsif
Jenis oli dengan ATF (Automatic Transmition Fluid) Oli transmisi harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil

Baca juga cara mengemudi mobil manual khususnya bagi pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *