Home >> Berkendara >> Pembuatan SIM online memasuki babak baru

Pembuatan SIM online memasuki babak baru

Pembuatann SIM online sudah mulai diberlakukan. Hal ini merupakan babak baru pelayanan kepolisian RI. Dengan di berlakukannya pembuatan SIM secara online tersebut tentu waktu yang dibutuhkan saat pembuatan maupun perpanjangan semakin singkat dan tentunya anda tidak perlu datang langsung ke polres yang biasanya membutuhkan waktu berjam jam. Dengan demikian waktu anda akan semakin berharga untuk kegiatan lainnya.

Pembuatan SIM online ini terwujud berkat terobosan bapak Kapolri Badrodin Haiti yang waktu itu sebagai Pelaksana Tugas Kapolri. Badrodin Haiti sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal ini dikatakan di Mabes Polri tanggal 23 Maret 2015 ” Tahun ini kami targetkan bisa selesai. Kemudian tahun depan bisa kami tingkatkan pada pelayanan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan),”

Program kerja kapolri RI yang baru ini rupanya langsung di tanggapi jajaran di bawahnya. Hal ini terbukti ada satu daerah yang telah melaksanakan pembuatan SIM online yakni POLRESTABES Surabaya. Bagi penduduk yang bernaung di wilayah POLRESTABES Surabaya sudah dapat membuat SIM secara online. semoga daerah lain cepat menyusul.

FORMULIR “SURAT IZIN MENGEMUDI” KENDARAAN BERMOTOR sama persis dengan yang biasa anda isikan saat pembuatan SIM selama ini yakni mengisi data data yang diperlukan. Semua isian data dalam SIM online tersebut harus di isikan dengan data anda yang sebenarnya. Jangan lupa sesuaikan alamt dalam SIM dengan alamat anda yang ada di KTP. Hal lain yang juga sangat penting adalah nama harus lengkap dan jangan disingkat.

Nah bagi warga masyarakat yang ingin registrasi ulang atau perpanjangan SIM mulai sekarang sudah bisa dilakukan secara online, bahkan tidak harus sesuai dengan domisili. Namun bagi pembuat SIM baru meskipun bisa mendaftar secara online, pada tahap berikutnya mesti melakukan tes lapangan atau tes praktek mengemudi di SatPas yang telah online setelah mendapatkan nomor registrasi dan nomor antrean. Kalau yang cuma perpanjang SIM bisa langsung mendapatkan pelayanan online langsung. Setelah pendaftaran SIM online selesai, langkah selanjutnya silaahkan melakukan pembayaran adi ATM atau bank terdekat. Bukti pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) tunjukkan pada petugas. Untuk info selengkapnya silahkan berkunjung ke www.korlantas.polri.go.id

Biaya pembuatan SIM baru maupun perpanjangan 2018

Registrasi Permohonan SIM

>> Biaya SIM A (baru) sebesar Rp 120.000 dan perpanjangan Rp 80.000.
>> Biaya SIM C (baru) Rp 100.000 dan perpanjangan Rp 75.000.
>> Biaya SIM BI (baru) Rp 120.000 dan perpanjangan Rp 80.000
>> Biaya SIM BII (baru) Rp 120.000 dan perpanjangan Rp 80.000
>> Biaya SIM CI (baru) Rp 100.000 dan perpanjangan Rp 75.000
>> Biaya SIM CII (baru) Rp 100.000 dan perpanjangan Rp 75.000
>> Biaya SIM D (baru) Rp 50.000 dan perpanjangan Rp 30.000
>> Biaya SIM DI (baru) Rp 50.000 dan perpanjangan Rp 30.000
>> Biaya SIM internasional (baru) Rp 250.000 dan perpanjangan Rp 225.000

Loading...

Formulir SIM online di SAMSAT Surabaya

Pembuatan SIM online khususnya di Surabaya dapat melayani pembuatan SIM baru maupun perpanjangan SIM yang telah habis masa berlakunya. Beberapa persyaratan tentunya harus anda penuhi. Beberapa persyaratan umum saat pembuatan SIM baru maupun perpanjang SIM secara online, seperti berikut :

  • Perpanjangan
  1. KTP Asli dan Fotocopy
  2. SIM Asli dan Fotocopy
  3. Kode Aktivasi
  • Baru :
  1. KTP Asli dan Fotocopy
  2. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  3. Formulir
  4. Kode Aktivasi

Namun sayang untuk saat ini pembuatan SIM online belum bisa dilakukan untuk seluruh POLRES di kota kota Indonesia, kemungkinan besar nantinya akan mengarah ke sana. Untuk saat ini hanya berlaku di wilayah khusus daerah POLTABES surabaya saja. Nah kabar gembira telah tiba. Mulai tahun 2018 perpanjangan maupun pembuatan SIM baru sudah bisa secara online. Berikut contoh isian saat pendaftaran SIM onlineĀ  ( khusus di POLTABES Surabaya ):

Pembuatan SIM online

Setelah persyaratan untuk pembuatan SIM telah anda penuhi maka bagi penduduk wilayah POLRESTABES Surabaya dapat melakukan Registrasi Permohonan SIM di sini, sedangkan untuk daerah lain tentunya akan menyusul, semoga saja. Baca juga cara mengurus STNK hilang yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *