Home >> Berkendara >> Pembuatan SIM online memasuki babak baru

Pembuatan SIM online memasuki babak baru

Pembuatann SIM online sudah mulai diberlakukan. Hal ini merupakan babak baru pelayanan kepolisian RI. Dengan di berlakukannya pembuatan SIM secara online tersebut tentu waktu yang dibutuhkan saat pembuatan maupun perpanjangan semakin singkat dan tentunya anda tidak perlu datang langsung ke polres yang biasanya membutuhkan waktu berjam jam. Dengan demikian waktu anda akan semakin berharga untuk kegiatan lainnya.

Pembuatan SIM online ini terwujud berkat terobosan bapak Kapolri Badrodin Haiti yang waktu itu sebagai Pelaksana Tugas Kapolri. Badrodin Haiti sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Hal ini dikatakan di Mabes Polri tanggal 23 Maret 2015 ” Tahun ini kami targetkan bisa selesai. Kemudian tahun depan bisa kami tingkatkan pada pelayanan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan),”

Program kerja kapolri RI yang baru ini rupanya langsung di tanggapi jajaran di bawahnya. Hal ini terbukti ada satu daerah yang telah melaksanakan pembuatan SIM online yakni POLRESTABES Surabaya. Bagi penduduk yang bernaung di wilayah POLRESTABES Surabaya sudah dapat membuat SIM secara online. semoga daerah lain cepat menyusul.

FORMULIR “SURAT IZIN MENGEMUDI” KENDARAAN BERMOTOR sama persis dengan yang biasa anda isikan saat pembuatan SIM selama ini yakni mengisi data data yang diperlukan. Berikut contoh isian saat pendaftaran SIM online :

formulir SIM online

Pembuatan SIM online khususnya di Surabaya dapat melayani pembuatan SIM baru maupun perpanjangan SIM yang telah habis masa berlakunya. Beberapa persyaratan tentunya harus anda penuhi. Beberapa persyaratan umum saat pembuatan SIM baru maupun perpanjang SIM secara online, seperti berikut :

  • Perpanjangan
  1. KTP Asli dan Fotocopy
  2. SIM Asli dan Fotocopy
  3. Kode Aktivasi
  • Baru :
  1. KTP Asli dan Fotocopy
  2. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  3. Formulir
  4. Kode Aktivasi

Registrasi Permohonan SIM

Pembuatan SIM online

Setelah persyaratan untuk pembuatan SIM telah anda penuhi maka bagi penduduk wilayah POLRESTABES Surabaya dapat melakukan Registrasi Permohonan SIM di sini, sedangkan untuk daerah lain tentunya akan menyusul, semoga saja. Baca juga cara mengurus STNK hilang yang benar.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *