Home >> Berkendara >> Motor Honda Sonic 150R merubah tradisi bebek sport tanah air

Motor Honda Sonic 150R merubah tradisi bebek sport tanah air

Keluarnya Motor Honda Sonic 150R kemaren ternyata menjadi perbincangan hangat para motor mania. Ada sanjungan namun lebih banyak sindiran. Mampukah Honda Sonic 150R merubah tradisi kelas bebek sport tanah air yang biasanya mengedepankan sisi balap. Selama ini motor sport dapat diartikan sebagai jagoan ngetrek di jalanan. Itulah sebabnya penggemar sekaligus pengguna motor sport didominasi oleh kalangan kawula muda yang jago balap ( liar ). Dengan demikian tidak ada istilah dalam benak mereka tentang berapa banyak bahan bakar yang disedot saat tanding.

Bahkan jika perlu sedikit modifikasi untuk menambah performa mesin dan lagi lagi ukurannya adalah akselarasi bukan penggunaan BBM, bahkan jika perlu bahan bakar pesawatpun dimasukkan dalam tanki hanya untuk mengejar dan mendahului lawan.

Namun tidak sedikit pengguna sekaligus pemilik motor sport yang tidak pernah ikut balap dan bahkan jadi penonton juga tidak. Dan ternyata jumlahnya malah lebih banyak. Jadi kesanalah selama ini konsumen sepeda motor sport, seperti Suzuki Satria FU yang cukup laris saat awal perkenalan bahkan hingga saat ini. Ada juga di kelas motor gede yakni motor Honda CBR 150R yang menjadi incaran kawula muda.

Apakah kemunculan motor Honda Sonic 150R mampu merubah paradigma motor sport khususnya kelas bebek yang selama ini identik dengan motor untuk tarikan. Seperti diketahui bahwa AHM memberikan isyarat akan meluncurkan kelas bebek sport pada pertengan 2015 dengan pengenalan pertama saat pameran PRJ. Yang aneh adalah saat di PRJ sebenarnya type Sonic 125cc made in Thailand jadi bukan Honda Sonic 150R seperti sekarang ini.

Honda Sonic 150R
Honda Sonic 150R

Pabrikan motor Honda AHM rupanya mampu melihat pasar sport dari dimensi yang lain. Seperti disebutkan di atas bahwa secara umum motor type sport paling pas untuk adu balap, namun pada kenyataannya lebih banyak yang cuma nampang doang dengan tunggangan keren. Maka disinilah salah satu kelebihan motor Honda Sonic 150R yang mendahulukan kenyamanan dan irit pemakaian bahan bakar dari pada motor untuk ngetrek and balap.

Dan ternyata prediksi ini cukup ampuh untuk mengangkat penjualan motor honda khususnya dikelas bebek yang sebelumnya dibabat habis oleh Suzuki dengan andalannya yakni Satria Fu maupun pabrikan Yamaha dengan motor MX king. Dan sekarang kedua pabrikan motor ini sedang ketar ketir atas ulang si Honda Sonic.

Padahal dari segi harga justru lebih mahal. Harga Honda Sonic melebihi yamaha MX king maupun harga Suzuki Satria Fu. Namun ternyata sebagian besar konsumen lebih memilih produk baru. Saat ini Honda menduduki peringkat pertama dengan andalah Honda CB150R StreetFire disusul oleh Honda Sonic 150R.

Dimasa akan datang mampukah motor Honda Sonic 150R ini merubah tradisi motor sport tanah air khususnya di level kelas bebek. Akankah Sonic mampu menandingi kekuatan Suzuki Satria Fu di aspal jalan. Dari sisi harga suku cadang juga masih lebih murah honda sonic dari pada Satria Fu.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *