Home >> Berkendara >> Memahami dan menjalankan peraturan lalu lintas terbebas dari pelanggaran hukum

Memahami dan menjalankan peraturan lalu lintas terbebas dari pelanggaran hukum

Dengan mematuhi peraturan lalu lintas bukan saja akan terbebas dari pelanggaran di jalan raya, tetapi juga dapat menciptakan suasana aman saat berkendara. Memahami dan menjalankan semua peraturan lalu lintas akan menciptakan kenyamnanan saat berkendara. Peraturan lalu lintas yang tertera dalam pasal pasal undang undang lalu lintas wajib dimengerti, dipahami, dan dijalankan oleh pengemudi yang menjalankan kendaraannya di jalan raya tanpa kecuali. Artinya siapa pun wajib  mematuhi dan menjalankan uu lalu lintas.

Jika terjadi pelanggaran lalu lintas saat melaju di jalan raya atau parkir sembarangan tanpa memperhatikan rambu larangan parkir, maka berarti pengemudi telah lalai dan melakukan pelanggaran hukum dan sebagai konsekwensinya akan diberikan surat tilang oleh petugas yang berwenang. Dan selanjutnya diwajibkan membayar denda sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.

Agar kita terhindar dari pelanggaran lalu lintas, maka sudah seharusnya sebagai warga negara yang baik kita wajib memahami dan menjalankan semua peraturan dalam berlalu lintas. Sehingga akan memberikan rasa aman dan nyaman di perjalanan. Sebagai pengemudi anda juga wajib mematuhi semua rambu rambu lalu lintas.

Coba anda rasakan ketika anda melaju di jalan raya tanpa dibekali dengan SIM yang sesuai dengan kendaraan yang anda gunakan, tentu perasaan anda akan was was ketika melaju di jalan raya.

Untuk itu sebelum berangkat ke tempat tujuan, ada baiknya memeriksa STNK dan SIM maupun perlengkapan kendaraan anda seperti : ban cadangan,segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan ketika mengendarai mobil.

peraturan lalu lintas

 

Dan untuk pengendara sepeda motor sebaiknya memeriksa : kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban. Hal demikian sebenarnya bertujuan untuk keselamatan anda sendiri dan orang lain.

Namun sebagian dari kita masih belum memahami dan mengerti tentang peraturan lalu lintas. Sehingga kita mematuhi dan menjalankannya dengan terpaksa agar tidak kena tilang saja. Padahal sebenarnya peraturan lalin semata mata untuk keselamatan dan kenyamanan dijalan raya. Salah satu contoh paling nyata adalah pengendara sepeda motor wajib mengenakan helmet.

Sebagian besar pemilik ( pengemudi ) sepeda motor hanya mengenakan helmet seadanya. Padahal kalau kita pikirkan lebih dalam bahwa helmet berguna untuk melindungi kepala pengendara dari benturan jika terjadi kecelakaan, sehingga jika kita mengenakan helmet seadanya kemungkinan kepala kita tidak terlindungi dengan aman.

Dengan demikian sudah seharusnya kita mengenakan helmet bermutu tinggi sehingga mampu melindungi kepala dari benturan jika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Demikian juga pemakaian sabuk pengaman untuk pengemudi mobil. Sabuk pengaman mampu melindungi dari benturan kendaraan secara tiba tiba. Tanpa mengenakan sabuk pengaman tentu anda akan terlempar dan membentur pada dashboard jika terjadi benturan keras.

Untuk itulah demi keamanan dan tertib berlalu lintas kita mematuhi dan menjalankan peraturan lalu lintas dengan baik dan penuh kesadaran dan tidak karena terpaksa. Karena semua itu sebenarnya demi keamanan kita sendiri. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *