Home >> Berkendara >> Memahami cara kerja GPS mobil

Memahami cara kerja GPS mobil

Bagaimana cara kerja GPS mobil dan menggunakannya. Dengan memahami cara kerja sistem GPS mobil maka dapat menentukan derah tujuan lebih tepat. Global Positioning System merupakan alat pelacak daerah atau tempat paling canggih saat ini. Bagi pengendara mobil saat melakukan perjalanan jauh atau menuju tempat tujuan yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, maka dengan membawa alat navigasi seperti GPS yang dipasangkan di dashboard akan sangat membantu anda menemukan daerah kunjungan baru dan berita baiknya GPS mobil ini dapat bekerja dengan sangat sempurna, karena dapat melacak dan menunjukkan jalan dengan tepat hingga ke titik tujuan anda.

Saat ini Harga GPS mobil dapat dikatakan cukup murah, hanya dengan 1 juta hingga 2 jutaan, maka anda sudah dapat memiliki GPS mobil canggih yang akan menemani anda selama perjalanan dan dijamin tidak akan tersesat atau salah jalan. GPS atau Global Positioning System merupakan sistem navigasi yang dikembangkan oleh Departemen  Pertahanan  Amerika yang memanfaatkan setidaknya 27 alat navigasi ( pelacak ) berbasis satelit. Selama cuaca cerah maka GPS dapat berfungsi dengan amat sempurna dan tepat. Sistem alat pelacak tempat ini akan berpengaruh jika cuaca mendung atau anda terhalang gedung atau gunung lebat, sehingga kemungkinan besar sistem navigasi anda ( GPS ) tidak dapat berfungsi sama sekali.

Penemuan letak / posisi di bumi terjadi karena adanya synchronization sinyal dari sekitar 24 ( atau 27 ) satelit dengan cara kerja mengirimkan gelombang sinyal mikro ke Bumi. Global Positioning System ternyata tidak hanya dimiliki oleh amerika saja, sebab hingga saat ini beberapa negara juga memiliki sistem navigasi pelacak tempat ini, seperti Galileo ( Uni Eropa ), GLONASS ( Rusia ), dan India dengan IRNSS. Jika dilihat dari fungsinya, maka saat ini kita mengenal 2 jenis GPS yakni GPS tracker dan GPS navigasi.

Untuk dapat menentukan arah tujuan atau menjalankan fungsi GPS ( mobil ) dengan baik, maka tentunya anda terlebih dahulu harus mengetahui dan memahami cara kerjanya, sehingga akan memberikan data yang tepat. Karena bagaimanapun canggihnya GPS mobil milik anda tetap saja mempunyai kelemahan dan kekurangan di sana sini. Dengan demikian tentunya memerlukan trik dan tips cara memilih GPS navigasi, sehingga anda mendapatkan sesuai kebutuhan.

Berbagai penyebab dapat memanipulasi keakuratan data yang dikirimkan satelit provider milik Departemen  Pertahanan  Amerika ini bahkan mungkin juga sistem navigasi ini tidak berfungsi sama sekali, seperti :

cara kerja GPS mobil

  • Faktor cuaca saat itu ( saat mendung, hujan lebat, kabut tebal ).
  • Faktor alam ( hutan lebat ).
  • Ketika berada di kedalaman air ( saat menyelam ).
  • Ketika berada di dalam mobil ( kaca film tebal dapat mempengaruhi keakuratan hasil pelacakan GPS ).
  • Di dekat perangkat lektronik dengan gelombang elektromagnetik kuat ( alat navigasi lainnya ).
  • Di lembah gunung, di sekitar gedung tinggi, di dalam gedung bertingkat ( pengiriman gelombang elektromagnetik terganggu ).

Untuk memperkuat pengiriman sinyal gelombang elektromagnetik biasanya dilengkap dengan antena, Differential Global Positioning System ( DGPS ), atau juga Satelite Based Augmentation System ( SBAS ). Untuk itu sebaiknya memperhatikan saat akan memasang perangkat GPS navigasi pada mobil anda.

Cara cara kerja GPS mobil

Pada awal mulanya sistem Global Positioning System ( GPS ) hanya untuk penggunaan dinas militer saja. Sebagai informasi bahwa sistem GPS ini pertama kali diluncurkan pada sekitar tahun 1978. Hingga saat ini sudah puluhan GPS yang berada di orbit ruang angkasa bahkan lebih dari 50 GPS, namun hanya sekitar 30 buah yang masih aktif. Rata rata usia GPS aktif hanya sekitar 10 tahun artinya setelah masa tersebut harus segera di ganti dengan yang baru.

Setiap GPS yang sedang orbit ( mengitari bumi ) akan mengirimkan sinyal gelombang elektromagnetik berdaya rendah ke bumi. Sistem penerima seperti GPS navigasi atau GPS tracker merupakan stasiun penerima ( sederhana ) yang mendapat data data ( pemetaan ) dari stasiun provider. Paling tidak sistem GPS anda ( navigasi / tracker ) harus menerima tiga sinyal dari satelit provider untuk memetakan garis lintang, garis bujur, dan keberadaan anda serta tempat tujuan anda ( tiga dimensi ). Sehingga akan dapat diketahui jarak dan rute jalan hingga sampai di sana. Dengan demikian untuk mendapatkan hasil yang benar benar sempurna maka anda harus mengetahui hal hal apa saja yang dapat mengurangi fungsi kerja GPS navigasi mobil anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *