Visit us on Google+ Google Manfaat dan kerugian mengikuti kursus mengemudi mobilBerita Otomotif | Berita Otomotif

Berita Otomotif

Informasi tentang otomotif

Manfaat dan kerugian mengikuti kursus mengemudi mobil

Lembaga pendidikan khususnya kursus mengemudi mobil saling bermunculan. Hal ini seiring dengan bertambahnya dan menjamurnya bisnis mobil seiring dengan bertambahnya pemilik mobil. Baik itu pemilik lama maupun pemilik baru. Apa lagi sekarang pemerintah memberikan kemudahan dengan mengeluarkan kebijakan mobil murah. Hal ini tentu memicu bertambahnya pemilik mobil.

Hal ini tentu saja banyak orang membeli mobil baru maupun bekas, namun belum dapat mengemudi mobil atau belum dapat nyopir. Bisa jadi mereka baru memiliki mobil. Hal ini tentu membawa angin segar pada bisnis kursus mobil.

Cara belajar mengemudi mobil

Namun pada kenyataannya tidak semua orang yang belajar cara mengemudi mobil mendatangi tempat tempat kursus. Hal ini tentu banyak penyebabnya. Ada yang belajar sama teman, kerabat atau mungkin belajar sendiri secara otodidak. Bagi yang tidak suka tantangan lebih bagus dan aman untuk mengikuti kursus saja. Hal ini untuk keamanan anda dan melindungi mobil baru anda.

Pada kenyataannya kursus mobil ternyata tidak membuat anda mahir mengemudi. Namun setelah anda selesai mengikuti kursus mobil, anda akan bisa mengemudi dan mempunyai SIM A dan tidak lebih dari itu.

Manfaat mengikuti kursus mengemudi mobil

Tentu saja anda banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan ketika memutuskan untuk mengikuti kursus mengemudi. Sebaiknya anda memilih tempat kursus mengemudi yang telah mempunyai kredibilitas baik, sebab banyak tempat tempat kursus yang lebih banyak mengejar keuntungan.

Beberapa manfaat mengikuti kursus mengemudi :

  1. Biaya murah. Biaya kursus sekitar Rp 350.000,- hingga Rp 500.000,- dengan lima hingga sepuluh kali pertemuan.
  2. Anda dijamin mendapatkan SIM setelah selesai kursus.
  3. Anda terbebas dari kesalahan dan penggantian ketika mobil yang anda kemudikan membentur atau menabrak ketika sedang belajar mengemudi. Namun anda dijamin aman dan selamat, karena selama anda mengikuti kursus dan mengemudi akan selalu didampingi intruktur pengalaman.
  4. Kebanyakan mobil kursus mengemudi telah dimodifikasi, sehingga instruktur yang berada disebelah anda juga dilengkapi dengan rem, kopling, maupun yang lain. sehingga ketika anda akan membentur sesuatu maka instruktur anda pasti akan menginjak rem lebih dulu.
  5. Mobil anda terbebas dari penyok dan benturan serta tergores. Hal ini tidak akan anda dapatkan ketika anda langsung belajar mengemudi dengan mobil sendiri.
  6. Anda dijamin sampai dapat menjalankan mobil. Hal ini tergantung paket yang anda pilih.

Selain mempunyai manfaat yang menguntungkan anda, ternyata mengikuti kursus mengemudi mobil juga memiliki kekurangan di sana sini, sehingga hal ini penting untuk anda pertimbangkan sebelumnya.

Beberapa kerugian mengikuti kursus mengemudi, seperti :

  1.  Anda dibebani dengan sejumlah dana hingga sekitar Rp 500.000,-
  2. Anda hanya sampai dapat menjalankan mobil, namun belum mahir mengemudi. Hal ini disebabkan hanya beberapa kali praktek mengemudi.
  3. Anda masih buta tentang peraturan lalu lintas dan berkendara yang baik dan aman. Hanya sedikit tempat kursus yang memberikan pengetahuan tentang berlalu lintas yang benar.
  4. Anda tidak dibekali tentang pengetahuan rambu rambu lalu lintas.

Saran

Kemahiran anda dalam hal mengemudi mobil ditentukan oleh seberapa sering anda menjalankan mobil anda. Semakin banyak jam terbang anda, tentu anda akan semakin mahir. Insting dan perasaan sangat menentukan dalam menjalankan kendaraan.

Contoh gambar lalin

contoh gambar rambu lalin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>