Home >> Berkendara >> Kursus cepat belajar mengemudi mobil manual bagi pemula

Kursus cepat belajar mengemudi mobil manual bagi pemula

Sesudah membeli mobil anda tentu ingin cepat belajar mengemudi mobil. Namun sebagai pemula tentu belum mahir mengemudi mobil sendiri. Mengapa harus kursus mengemudi mobil jika bisa dengan mudah belajar mengemudi mobil sendiri. Ikuti tips cepat belajar stir mobil transmisi manual bagi para pemula untuk belajar mengemudi. Saat kursus mengemudi mobil biasanya menggunakan mobil transmisi manual, hal ini cukup beralasan sebab saat belajar mengemudi mobil memerlukan pemahaman lebih mudah jika dengan mobil transmisi manual. Belajar mengemudi dengan mobil sistem transmisi matic meskipun lebih simpel tidak disarankan untuk digunakan belajar mengemudi, sebab nantinya anda akan sulit dengan mobil manual.

Tempat kursus mengemudi mobil biasanya menyediakan mobil transmisi manual maupun mobil matic. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi pengemudi mobil pemula. Saat belajar mengemudi mobil sebaiknya memilih kendaraan yang sejenis dengan type mobil anda.Belajar stir mobil sebenarnya tidak memerlukan trik khusus, sehingga meskipun anda sebagai pemula tetap dapat belajar mengemudi hingga tingkat mahir. Namun biasanya tempat kursus mobil hanya memberikan tips khusus tentang cara mengemudi mobil yang baik dan benar. Saat belajar stir mobil anda akan diberikan pemahaman seputar berbelok, cara pengereman, cari ganti gigi transmisi, dan bahkan cara aman mengemudi mobil saat ditanjakan.

Biaya kursus mengemudi biasanya di hitung perpaket, sehingga sebaiknya anda menanyakan terlebih dahulu tentang sistem kerja tempat kursus mobil yang anda ambil. Namun yang pasti saat selesai menjalani kursus anda belum mahir mengemudi mobil. Pada dasarnya semakin anda sering mengemudi mobil maka akan semakin menambah kemahiran anda dalam mengemudi mobil.

Belajar mengemudi mobil tidak harus dengan kursus resmi. Anda dapat belajar mengemudi mobil sendiri dengan cepat, meskipun tetap harus didampingi oleh mereka yang telah mahir mengemudi. Berikut tips belajar mengemudi mobil manual dengan cepat tanpa membayar sepeserpun. Bagi pemula disarankan untuk belajar dengan mobil manual dari pada dengan mobil matic, meskipun langsung dengan mobil matic juga tidak dilarang.

Dengan menggunakan mobil transmisi manual maka pengemudi pemula akan dapat banyak keuntungan, karena lebih cepat dapat mengenal bagian bagian kendaraan khususnya yang berhubungan dengan teknik mengemudi. Pada dasarnya teknik mengemudi mobil tidak jauh berbeda dengan cara mengemudi kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

belajar mengemudi mobil

Secara umum ketika anda belajar mengemudi yang paling penting adalah sikap positif anda. Dalam belajar apapun sikap tenang sangat diperlukan, demikian juga saat anda belajar mengemudi mobil. Bahkan sebenarnya belajar mengemudi mobil lebih mudah dari pada belajar sepeda motor. Namun demikian keseriusan anda tetap diperlukan.

Loading...

Tanpa kemauan yang keras maka apapun keinginan anda tidak akan dapat tercapai dengan hasil sempurna. Demikian juga saat anda mulai belajar mengemudi mobil. Bahkan dengan belajar serius hanya dalam jangka waktu sekitar 2 minggu anda sudah mampu mengemudikan mobil sendiri, meskipun belum mahir.

Kemahiran seorang pengemudi mobil memerlukan waktu relatif cukup lama. Bahkan hingga saat ini belum ada kriteria tertentu yang dapat digunakan sebagai pedoman kemahiran seseorang dalam mengemudi mobil. Kenyataan menunjukkan bahwa permasalahan di jalan raya justru lebih banyak di alami oleh mereka yang katanya sudah banyak pengalaman dalam mengemudi mobil.

Berbagai kecelakaan lalu lintas seperti mobil terseret kereta api, kecelakaan di jalan tol, mobil masuk jurang, dan kecelakaan mobil lainnya justru banyak dilakukan oleh sopir yang telah banyak mempunyai jam terbang. Banyak penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi saat ini, namun penyebab paling tinggi justru karena keteledoran pengemudi sendiri apalagi saat mudik lebaran.

Dengan demikian apa yang anda tunggu untuk belajar mengemudi. Tentu saja lebih cepat lebih baik. Namun demikian sebelum anda melangkah ke cara belajar mengemudi dengan cepat tanpa kursus, tentu ada beberapa hal yang harus anda penuhi, seperti :

  • Sebuah mobil dengan sistem transmisi manual, namun anda juga dapat menggunakan mobil matic, meskipun disarankan lebih mempunyai hasil yang lebih baik jika dengan mobil transmisi manual.
  • Sarana jalan sepi yang memungkinkan untuk belajar mengemudi mobil dengan tenang. Sangat tidak disarankan belajar mengemudi di jalan raya meskipun dengan instruktur anda, kecuali anda sudah mampu dan mengerti seluk beluk dalam sistem transmisi mobil, seperti : sistem rem, sistem gas, sistem kopling, hand rem, dan lainnya.
  • Mempunyai waktu kosong cukup banyak seperti saat anda libur.
  • Seorang pengemudi yang telah mempunyai pengalaman ( opsional ), meskipun tanpa di dampingi mereka andapun tetap dapat melanjutkan belajar mengemudi.
  • Keinginan untuk belajar mengemudi mobil, tanpa ada kemauan dari diri anda sendiri lebih baik anda tidak belajar mengemudi karena tidak akan dapat hasil apapun.

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, maka sekarang saatnya anda mulai belajar mengemudi. Anda tidak perlu terburu buru karena ada beberapa tahap yang harus anda ketahui dan mengerti. Meskipun tidak memerlukan cukup banyak waktu namun tahap tahap berikut sebaiknya anda lakukan dengan benar.

Tahap demi tahap cara belajar mengemudi mobil manual bagi pemula

  1. Pengenalan sistem transmisi mobil
  2. Teknik menjalankan mobil maju mundur
  3. Teknik cara membelokkan mobil
  4. Teknik pemantapan dalam mengemudi mobil
  5. Pengenalan sistem transmisi mobil

Sebagaimana diketahui bahwa pengenalan sistem transmisi mobil ini sangat penting, sebab laju mobil sangat tergantung dari sistem transmisi. Tanpa pengenalan sistem transmisi dengan baik maka anda akan sangat sulit mengemudi mobil dengan benar.

Namun anda tidak perlu mengenal semua sistem transmisi mobil secara detil. Yang anda butuhkan adalah mengetahui cara kerja sistem transmisi mobil manual maupun mobil matic ( jika anda menggunakan mobil jenis matic ).

  • Transmisi mobil manual : pedal gas, pedal rem, sistem kopling, handrem, dan tuas gigi transmisi.
  • Transmisi mobil matic : pedal gas, pedal rem, handrem, dan tuas gigi transmisi.

Untuk tahap praktek belajar mengemudi mobil manual dengan cepat, anda dapat pergi ke cara belajar mengemudi tanpa kursus.

loading...

Leave a Reply