Home >> Berkendara >> Hindari kebiasaan buruk saat berkendara supaya AC mobil awet

Hindari kebiasaan buruk saat berkendara supaya AC mobil awet

Cara merawat AC mobil. Banyak kebiasaan buruk yang tidak anda sadari saat berkendara sehingga berakibat cepat rusaknya sistem AC mobil anda. Dengan demikian sebaiknya anda mencoba paling tidak mengurangi beberapa kebiasaan buruk yang tanpa anda sengaja padahal kebiasaan tersebut sebenarnya sangat berpengaruh pada sistem aksesoris dalam mobil anda, salah satunya yang terkena dampaknya adalah fungsi AC yang tidak maksimal bahkan dapat merusak salah satu komponen sistem AC mobil anda.

Meskipun sebenarnya bukan kebiasaan buruk dalam arti sesungguhnya. Seperti kita tahu bahwa peralatan elektronik termasuk AC mobil akan mempunyai umur lebih pendek jika anda kurang dapat merawatnya. Perawatan AC mobil tidak hanya rajin membersihkan saja, ternyata beberapa kebiasaan yang kurang benar juga dapat memperpendek masa pakai AC mobil anda.

Banyak orang tidak menyadari bahwa tidak sembarangan menghidupkan maupun mematikan AC mobil. Meskipun hal ini kelihatannya sepele namun dampaknya tidak langsung merusakkan sistem AC mobil. Sehingga kadang anda bingung sendiri kenapa AC mobil milik anda cepat sekali bermasalah sedangkan punya teman anda begitu awet, padahal type dan jenis bahkan tahun kendaraan sama persis. Yuk kita bahas hal hal yang dapat merusakkan sistem AC pada mobil.

Jangan nyalakan AC sebelum mesin mobil hidup

Karena sudah kebiasaan sehingga begitu anda masuk kabin mobil langsung stater ( menghidupkan ) mesin mobil, sehingga anda tidak menyadari kalau sistem AC mobil dalam posisi ON. Kalau hal demikian sering terjadi maka accu mobil anda akan cepat soak karena kelebihan beban saat star up mobil. Demikian juga dengan magnetic clutch dalam sistem AC. Yang benar adalah saat mobil dihidupkan maka sistem AC dalam keadaan OFF dan baru dihidupkan setelah mesin mobil dalam putaran stasioner.

Biasakan mematikan AC sebelum mesin mobil OFF

Saat anda berkendara menempuh perjalanan jauh maka semua sistem dalam mobil bekerja secara maksimal. Demikian juga dengan temperatur mesin yang sangat panas. Banyak pengendara mobil yang begitu sampai ditempat tujuan langsung mematikan mesin mobilnya. Hal demikian tentu dapat merusak komponen logam dalam mesin mobil anda termasuk magnetic clutch dalam sistem AC. Yang benar adalah tunggu beberapa saat paling tidak sekitar 5 menit putaran mesin dalam keadaan langsam ( stasioner ), hal ini berfungsi mendinginkan seluruh komponen mobil anda.

Seperti diketahui bahwa saat panas seluruh komponen logam mengalami pemuaian maksimal, maka jika mobil langsung anda matikan akan terjadi pendinginan secara mendadak. Yang benar adalah setelah putaran mesin langsam beberapa saat ( sekitar 5 menit ), maka matikan semua fungsi kendaraan, seperti : lampu headlamp, lampu sein, sistem AC, audio sistem, dan lainnya. Yang terakhir matikan mesin mobil anda.

Loading...
AC mobil rusak
AC mobil rusak

Jangan sering menghidupkan dan mematikan AC mobil

AC mobil anda bekerja karena mengikuti putaran mesin mobil. Saat anda menyalakan AC mobil maka terjadi arus listrik menuju magnetic clutch sehingga kompresor AC ikut berputar yang mengikuti putaran mesin. Hal yang paling baik yakni menyalakan AC saat putaran mesin mobil pelan ( langsam ). Jika anda sering menghidupkan dan mematikan AC mobil saat melaju kencang, maka dapat anda bayangkan saat kompresor AC diam langsung ikut berputar sesuai putaran mesin mobil ( saat putaran mesin maksimal ). Hal demikian akan terjadi gesekan dan bunga api. Jika hal ini sering terjadi akan mengakibatkan karbon ( arang ) di magnetic clutch akan cepat terkikis.

Kebiasaan merokok dalam mobil juga akan cepat merusakkan sistem AC mobil anda. Saat anda akan merokok tentu mematikan AC mobil dan setelah selesai merokok maka AC dihidupkan kembali. Berapa batang rokok anda habiskan saat berkendara yang berarti berapa kali AC mobil anda On / OFF. Belum lagi udara dalam mobil pengap karena asap rokok.

Sistem AC dalam mobil anda kadang tidak dapat bekerja secara sempurna sehingga berakibat pada kenyamanan saat berkendara jadi berkurang terlebih saat udara di luar sedang panas. Meskipun AC mobil masih berfungsi namun kurang maksimal. Permasalahan AC mobil tidak hanya karena freon habis juga ada beberapa masalah lain. kami sudah membahas dalam hal ini, silahkan pelajari permasalahan pada sistem AC mobil sehingga kerja AC kurang maksimal.

loading...

Leave a Reply