Home >> Berkendara >> Cek mesin mobil sebelum pulang mudik

Cek mesin mobil sebelum pulang mudik

Cek mesin mobil sebelum pulang mudik, hal ini bertujuan menciptakan kenyamanan dan keamanan saat berkendara khususnya saat pulang mudik. Pentingkah cek mesin mobil atau kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh seperti saat mudik lebaran. Memastikan kesehatan mesin mobil memang di utamakan apalagi saat akan melakukan perjalanan jauh. Hal ini demi menunjang keselamatan dan kenyamanan saat berkendara.

Memastikan kesehatan dan kesiapan mobil anda merupakan hal yang wajib anda laksanakan. Hal ini jangan dianggap remeh karena berhubungan dengan keselamatan anda di jalan raya. Ikuti petunjuk praktis menjaga keselamatan saat berkendara. Disamping itu jangan lupakan kesiapan mental dan keuangan anda dan satu lagi kesehatan anda juga sangat diperlukan.

Maka ketika mesin mobil prima, keuangan anda mendukung, dan ditambah dengan kesehatan yang maksimal, maka keadaan demikian tentu saja akan membuat perjalanan anda sangat menyenangkan. Sehingga dapat tercapai suasana nyaman dan tentram saat melakukan perjalanan jauh.

Mobil baru apalagi mobil bekas dapat mengalami masalah setiap saat terutama pada sistem bahan bakarnya, sehingga mesin mobil anda tetap harus mengalami pengecekan seteliti mungkin. Hal ini untuk meminimalisir adanya gangguan saat melaju di jalan raya khususnya saat mudik lebaran.

Tidak hanya mesin kendaraan yang harus di cek, namun juga perangkat yang lain, seperti sistem pendingin AC maupun sistem injeksi bahan bakar atau sistem karburator.

Sebagai pemilik kendaraan ( mobil ) anda mungkin lebih tahu kekurangan atau masalah masalah yang sering timbul pada mobil anda dari pada mekanik pengalaman sekalipun. Sehingga keterangan dan keluhan anda dapat membantu mekanik. Hal ini sangat penting supaya saat pengecekan mekanik sudah mempunyai gambaran yang menjadi prioritas.

cek mesin mobil

Secara umum mobil yang berusia kurang dari 5 tahun sangat jarang mengalami masalah jika mematuhi buku petunjuk pedoman perawatan sesuai petunjuk pabrikan mobil. Penggunaan jenis oli juga mesti diperhatikan dan sesuaikan dengan petunjuk buku servis. Demikian juga dengan penggantian spare part secara berkala.

Hal berbeda jika usia kendaraan sudah melebihi 5 tahun, karena kemungkinan mesin maupun aksesoris lainnya mulai berkurang performanya, sehingga sebaiknya anda lebih teliti dan waspada terhadap kinerja dan performa mesin kendaraan anda.

Terlebih lagi jika anda baru membeli mobil bekas, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah ” general cek up “. Mengapa demikian, hal ini karena anda sama sekali tidak tahu seperti apa sesungguhnya kendaraan yang baru anda beli tersebut. Sehingga cek keseluruhan menjadi prioritas utama tentunya.

Untuk mobil mobil yang telah menggunakan sistem full injeksi sebaiknya melakukan cek di bengkel bengkel resmi sesuai dengan jenis mobil anda. Apakah tidak dapat di cek di bengkel biasa? tentu saja dapat namun teknologi full injeksi melibatkan program komputer sehingga hingga saat ini teknologi ( program ) belum dipunyai oleh bengkel biasa.

Hal yang berbeda jika anda baru membeli mobil bekas yang masih menggunakan sistem karburator, maka sebaiknya cukup melakukan pengecekan pada bengkel bengkel kepercayaan anda. Selain lebih praktis juga lebih murah biayanya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *