Home >> Berkendara >> Cara perpanjang pajak STNK mobil dan motor di SAMSAT

Cara perpanjang pajak STNK mobil dan motor di SAMSAT

Bagaimana perpanjang pajak STNK mobil maupun motor di kantor SAMSAT. Mengapa harus menggunakan biro jasa jika anda dapat mengurusnya sendiri. Pada dasarnya proses perpanjangan pajak kendaraan bermotor sangat mudah, gampang, dan cepat. Semua proses dari penyerahan berkas hingga penerimaan surat pajak kendaraan bermotor tidak lebih dari 30 menit khususnya di kantor SAMSAT kota Tangerang.

Secara umum proses perpanjangan pajak STNK mobil maupun motor sama dan tidak berbelit belit. Dan yang patut kita apresiasi adalah waktunya yang cukup singkat, namun jika perpanjangan STNK dan ganti plat nomor kendaraan tentu memakan waktu lebih lama, karena harus menunggu pembuatan plat nomor kendaraan yang biasanya harus antri.

Bagi yang belum pernah memperpanjang pajak kendaraan tentu bingung dengan syarat perpanjang STNK. Namun alangkah baiknya jika sekali kali anda pergi sendiri mengurus perpanjangan pajak kendaraan bermotor anda. Selain menambah pengalaman juga dapat memperingan biaya yang harus anda keluarkan. Saya yakin anda menjadi lebih mengerti betapa mudahnya proses perpanjangan kendaraan anda.

Bagaimana sih sebenarnya proses yang harus dilalui untuk memperpanjang atau membayar pajak kendaraan bermotor seperti mobil maupun motor. Berikut tips dan info cara memperpanjang pajak kendaraan bermotor :

  • Pastikan anda membawa KTP asli sesuai dengan nama yang tertera pada STNK.
  • Pastikan anda membawa BPKB asli kendaraan anda, namun jika BPKB masih ada di bank penjamin lewatin aja. Dan anda juga tidak perlu meminta surat di bank tempat BPKB anda berada.
  • Jangan lupa bawa STNK asli.

perpanjang STNK

Pada tahap selanjutnya anda akan diwajibkan untuk foto copy BPKB, STNK, dan KTP. Anda dapat foto copy sendiri atau lebih mudah foto copy di dekat SAMSAT saja, karena petugas foto copy di sana lebih paham. Setelah semuanya beres, sekarang sudah saatnya memulai proses perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan anda.

tanda wajib pajak

Khusus di SAMSAT kota Tangerang saat masuk ke gedung SAMSAT anda akan diberikan tanda wajib pajak berupa semacam kartu berkalung dan diberikan secara gratis. Saat anda selesai kartu tanda wajib pajak tersebut harus anda kembalikan saat melewati pintu keluar. Sebagai tambahan bahwa saat anda menyerahkan berkas tidak harus mencantumkan BPKB asli. Artinya BPKB asli anda masukkan dalam tas anda biar aman.

Beberapa langkah yang harus anda jalani adalah mengikuti proses secara tertib dan teratur. Artinya harus secara berurutan. Berikut proses tahap demi tahap cara memperpanjang pajak kendaraan di kantor SAMSAT kota Tangerang :

  • Mengambil nomor urut, simpan kertas nomor urut dan jangan sampai hilang.
  • Tunggu beberapa saat hingga petugas memanggil nama anda. Anda akan di wajibkan menunjukkan BPKB asli dan setelah petugas memeriksa ke aslian BPKB akan di serahkan kembali dan simpan dengan aman.
  • Tunggu hingga petugas memanggil anda kembali namun biasanya dipanggil sesuai nomor urut. Anda menuju ke kasir untuk membayar sesuai dengan yang tertera pada STNK kendaraan anda.
  • Silahkan menunggu beberapa saat ( biasanya sekitar 5 hingga 10 menit ) dan anda akan dipanggil kembali untuk menerima STNK yang baru, seperti : STNK asli, nomor pajak kendaraan asli, dan KTP asli.
  • Selesai proses perpanjangan STNK anda dan jangan lupa menyerahkan kembali tanda wajib pajak di pintu keluar.

Biaya perpanjang STNK dapat anda lihat di surat STNK kendaraan dan biasanya sama persis kecuali ada tambahan biaya denda atau tambahan biaya bikin plat nomor kendaraan. Syarat dan proses perpanjang stnk keliling sama saja hanya berbeda tempat saja. Baca juga proses balik nama kendaraan.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.