Home >> Berkendara >> Cara mencegah pecah ban di perjalanan

Cara mencegah pecah ban di perjalanan

advertisements

Peristiwa pecah ban sering terjadi saat kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi. Lantas apa yang harus kita lakukan jika mengalami mobil pecah ban di perjalanan. Berikut cara mengatasi ban mobil yang pecah di tengah jalan. Beberapa kesalahan anda sehingga mengakibatkan kendaraan anda mengalami pecah ban. Pada kesempatan ini admin akan berbagi cara jitu yang harus anda lakukan saat mengalami kejadian pecah ban.

Sebelum membahas kecelakaan yang sering terjadi yang di akibatkan oleh pecahnya ban kendaraan di jalan raya, maka sebaiknya anda mempelajari dan mengerti apa sebenarnya fungsi utama ban pada kendaraan. Secara umum ban kendaraan mempunyai beberapa fungsi utama yang sebaiknya anda pahami. Banyak kelalaian yang sering terjadi, seperti menggunakan ban gundul, tekanan angin kurang, ban yang banyak tambalan, kelebihan muatan, dan penyebab pecah ban lainnya.

Pecah ban di perjalanan sebenarnya tidak akan terjadi jika anda memperhatikan dan mempelajari penyebab utama terjadinya kecelakaan lalu lintas yang satu ini, sebab kecelakaan pecah ban dapat mengakibatkan kendaraan anda terguling bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan beruntun jika sedang melaju di jalan bebas hambatan serta dalam kecepatan tinggi.

Berikut beberapa penyebab terjadinya pecah ban

Ban gundul : Ban yang sudah tidak layak pakai sebaiknya di ganti dengan yang baru. Kembang ban selain berfungsi sebagai penguat daya cengkeram ban kendaraan juga berfungsi sebagai pendingin ban, sehingga ban yang gundul dapat mempercepat ban menjadi panas.

Ukuran velg dan ban : Jangan remehkan ukuran velg dan ukuran ban mobil atau motor anda. Pabrikan kendaraan telah memperhitungkan dengan cermat ukuran velg dan ban kendaraan produk mereka, sehingga penggantian ukuran velg dan ban dapat mengakibatkan kekuatan kendaraan berubah.

Usia ban : Perhatikan tanggal produksi saat anda membeli ban baru untuk kendaraan anda. Pastikan anda memilih ban yang paling baru. Masa pakai ban kendaraan tidak lebih dari 6 hingga 8 tahun saja, sehingga jika usia ban kendaraan anda melebihi masa pakai ban, maka elastisitas ban telah hilang sehingga ban akan mudah pecah atau robek.

Peristiwa pecah ban sering terjadi dalam keadaan yang tidak terduga duga, sehingga tindakan anda dalam hal ini sangat menentukan keselamatan seluruh penumpang mobil anda. Dengan demikian diperlukan tindakan yang tepat dan benar. Kesalahan sedikit saja dalam mengambil tindakan dapat berakibat fatal dan merugikan anda dan pengguna jalan yang lain.

Jika pecah ban terjadi di jalan raya biasa atau saat lalu lintas sedang macet kemungkinan lebih mudah cara mengatasinya yaitu dengan meminggirkan mobil anda. Namun bagaimana jika peristiwa pecah ban terjadi di jalan tol atau jalan bebas hambatan yang notabene kendaraaan sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Untuk itu diperlukan tindakan secara urut dan benar.

pecah ban

Cara mengatasi pecah ban di jalan tol ( jalan bebas hambatan )

  1. Pastikan anda bersikap tenang dan tidak panik, lebih baik lagi jika penumpang tidak membuat keadaan menjadi tidak terkendali. Sikap penumpang sebaiknya berdoa supaya selamat.
  2. Jangan bertindak ceroboh dengan menginjak pedal rem secara kuat. Hal ini justru membuat mobil anda terguling dan tergelincir, bahkan bisa di tabrak mobil dari belakang. Biarkan mobil terus melaju tanpa injakan pedal gas.
  3. Jangan merubah posisi kemudi ( setir ) kendaraan anda, pastikan laju mobil lurus ke depan.
  4. Nyalakan lampu hazard dan mainkan lampu dim ( lampu jarak jauh ). Hal ini untuk memberi isyarat pada kendaraan di sekitar anda khususnya kendaraan di belakang mobil anda.
  5. Langkah selanjutnya pinggirkan mobil anda sedemikian rupa sehingga tidak membuat mobil di sebelah kiri belakang mobil anda hilang kendali.

Tindakan langsung melakukan pengereman mendadak dan langsung belok kiri saat pecah ban merupakan tindakan yang paling ceroboh. Sebenarnya saat anda menyalakan lampu hazard dan lampu dim maka kendaraan di sekitar anda akan mengerti dan memberi jalan untuk meminggirkan mobil.

loading...

Leave a Reply