Home >> Berkendara >> Cara klaim asuransi mobil setelah mengalami kecelakaan

Cara klaim asuransi mobil setelah mengalami kecelakaan

Bagaimana cara klaim asuransi mobil. Pengajuan klaim atau penggantian asuransi setelah mengalami kecelakaan, namun kadang banyak juga yang di tolak. Bagaimana hal ini terjadi. Sebelum terjadinya musibah kecelakaan ada baiknya anda mempelajari dengan teliti semua prosedur dan tata cara pengajuan klaim asuransi khususnya asuransi mobil yang sekarang akan kita bahan ini.

Mempelajari prosedur pengajuan dan persyaratan klaim asuransi mobil sangat penting sebab sebagian besar klaim auransi ditolak disebabkan oleh kesalahan dalam mempelajari prosedur klaim asuransi. Tata cara pengajuan klaim asuransi setiap perusahaan jasa asuransi berbeda namun secara umum menggunakan prosedur hampir serupa.

Memilih perusahaan jasa asuransi kendaraan bermotor dengan pelayanan terbaik mutlak diperlukan, karena cukup banyak yang merasa telah melakukan prosedur benar, eh tetap saja terjadi penolakan. Saat mobil anda mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan kerusakan bodi kendaraan anda, maka anda berhak mengajukan klaim perbaikan kepada pihak penanggung ( perusahaan jasa asuransi ) sehingga kembali seperti semula.

Klaim perbaikan kendaraan harus sesuai dengan jenis asuransi mobil yang anda ambil. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa lembaga jasa asuransi merupakan sebuah perusahaan yang mempelajari dan melaksanakan prosedur sesuai dengan perjanjian. Dengan demikian pelajari dengan benar tentang seluk beluk asuransi mobil all risk dan TLO

Hal ini sangat penting sebab sebagian klaim yang diajukan oleh tertanggung ( pemilik mobil ) ternyata mendapat penolakan klaim dari pihak asuransi dengan alasan tidak sesuai dengan prosedur pengajuan klaim atau tidak sesuai dengan jenis asuransi yang di ajukan. Dengan demikian sebaiknya anda mempelajari dengan teliti apa saja kewajiban dan hak anda dengan baik.

Di Indonesia saat ini cukup banyak perusahaan jasa asuransi kendaraan khususnya untuk asuransi mobil dan motor. Sehingga penting bagi anda untuk memilih salah satu asuransi mobil terbaik, sehingga klaim anda dapat dengan cepat mendapatkan pelayanan yang baik pula. Salah satu perusahaan asuransi yang cukup bertanggung jawab yakni asuransi sinar mas.

Selama anda menjalankan semua prosedur pengajuan klaim dengan benar maka tentunya pihak jasa asuransi sudah tentu akan merespon dengan cepat keluhan anda. Meskipun secara umum prosedur pengajuan klaim asuransi setelah terjadinya kecelakaan sama, maka tentunya setiap pihak perusahaan jasa asuransi kendaraan tentu memiliki cara tersendiri dalam melayani para nasabahnya.

cara klaim asuransi

Langkah langkah apa yang selanjutnya anda ambil saat terjadi kecelakaan sehingga mengakibatkan mobil anda penyok. Tentunya anda harus secepatnya menghubungi pihak asuransi mobil anda. Anda biasanya diberikan waktu tenggang sekitar 3 hari terhitung dari waktu kecelakaan anda. Jika anda ambil jenis asuransi All Risk biasanya pihak asuransi akan cepat merespon anda untuk segera membawa kendaraan anda ke bengkel yang ditunjuk. Jangan lupa saat membawa mobil ke bengkel sekalian bawa copy SIM dan STNK kendaraan. Di bengkel anda akan di wajibkan mengisi formulir klaim.

Keberadaan bengkel rekanan asuransi mobil anda kemungkinan sangat jauh dari tempat tinggal anda, sehingga karena suatu sebab maka mobil anda tidak dapat di bawa ke sana atau diperlukan biaya yang besar untuk sampai ke bengkel rekanan. Maka dalam kasus ini anda dapat mengambil alternatif ke dua yakni membawa mobil anda ke bengkel langganan atau bengkel terdekat.

Selama anda dapat memberikan alasan yang dapat diterima oleh pihak penanggung / perusahaan asuransi biasanya pihak asuransi anda akan memberikan keleluasaan. Namun demikian tentunya dengan sejumlah syarat yang di ajukan.

Dalam kasus demikian maka anda tidak dibenarkan untuk langsung melakukan perbaikan atau memberikan perintah perbaikan kepada bengkel langganan anda. Jika anda melanggar ketentuan ini ( melakukan perbaikan sendiri ) maka pihak asuransi akan membatalkan pertanggungan mobil anda dan anda harus membayar sendiri biaya perbaikan mobil.

Sebaiknya anda bersabar dan menunggu pegawai asuransi mengadakan survei dan menganalisa / memperkirakan besarnya biaya perbaikan. Setelah mendapat persetujuan maka mobil anda sudah dapat mulai dikerjakan. Namun demikian jika ada selisih biaya antara perkiraan jasa asuransi dan biaya perbaikan maka selisih biaya tersebut menjadi tanggungan anda.

Prosedur klaim asuransi mobil All Risk tidak hanya menanggung kerusakan mobil anda saja. Jika anda menabrak mobil lain, maka perbaikan mobil yang anda tabrak juga berhak untuk dilakukan perbaikan juga. Dalam hal ini biasanya harus memenuhi persyaratan berikut :

  • Membawa surat kecelakaan dari kepolisian yang menerangkan kapan terjadinya kecelakaan tersebut.
  • Copy KTP, SIM, serta STNK kendaraan yang anda tabrak.
  • Menunjukkan surat tuntutan ganti rugi dari pihak tertabrak ( mobil yang anda tabrak ) disertai meterai 6000.
  • Sebaiknya bawa juga keterangan saksi saat kejadian minimal nama dan alamat saksi ( copy KTP ).

Biasanya jika mobil yang anda tabrak juga mempunyai asuransi yang sama, maka prosedur perbaikan ini akan di tiadakan, karena mobil yang anda tabrak dapat mengajukan klaim perbaikan sendiri. Pada dasarnya jika anda mengambil asuransi jenis All Risk, maka setiap permasalahan mobil anda harus cepat dilaporkan kepada pihak asuransi, dan anda tidak dibenarkan melakukan apapun.

Bagaimana jika ternyata anda mengajukan klaim untuk kehilangan mobil. Setiap asuransi kendaraan biasanya juga mencantumkan asuransi untuk mobil hilang. Namun demikian prosedur pengajuan klaim kehilangan mobil tentunya berbeda dengan persyaratan kecelakaan mobil.

Beberapa prosedur pengajuan klaim kehilangan seperti berikut :

  • Surat keterangan kehilangan yang dikeluarkan oleh POLSEK tempat di mana mobil hilang.
  • Menyerahkan BPKB, STNK, dan Faktur pembelian asli dan mengisi formulir kehilangan yang di sediakan oleh pihak asuransi.
  • Menyerahkan polis asuransi asli.
  • Serahkan juga kunci kontak kendaraan ( kunci kontak kendaraan harus ada ).
  • Surat keterangan yang menerangkan bahwa kendaraan telah di blokir yang di keluarkan oleh SAMSAT setempat.
  • Sertakan juga surat kehilangan yang dikeluarkan oleh POLDA setempat.

Secara umum tindak pencurian pasti membuka dan menjalankan kendaraan dengan cara paksa, sehingga mereka ( pencuri ) tidak memerlukan kunci kontak dan STNK asli. Sehingga jika anda merasa kehilangan mobil atau mobil anda di curi, maka sudah barang tentu anda pasti dapat menunjukkan STNK, BPKB, Faktur, dan kunci kontak asli. Dengan demikian saat anda melaporkan kasus pencurian pada pihak yang berwajib, maka jangan anda berikan yang asli, cukup yang foto copy saja, sedangkan yanng asli untuk pengurusan asuransi. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *