Home >> Berkendara >> Bagaimana cara mengurus STNK dan SIM hilang

Bagaimana cara mengurus STNK dan SIM hilang

Bagaimana cara mengurus stnk maupun sim yang hilang diperjalanan. Apa saja syarat pembuatan stnk baru ( duplikat ) karena stnk lama hilang. Berapa biaya pengurusan stnk / SIM hilang. Berbagai pertanyaan ini sering muncul pada mereka yang baru kehilangan stnk / sim. Kebanyakan kasus surat surat kendaraan bermotor ini hilang dalam perjalanan. Lihar harga motor kawasaki ninja bekas.

Mengurus STNK atau SIM yang hilang sebenarnya tidak sulit seperti yang anda bayangkan. Namun pengurusan STNK / SIM yang hilang memerlukan persyaratan khusus dan persyaratan ini harus anda dapatkan. Salah satu syarat yang paling penting adalah surat kehilangan yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian sektor terdekat di mana surat surat anda hilang.

Di POLSEK anda akan dimintai keterangan tentang uraian kejadian yang mengakibatkan surat surat anda hilang. Dan terakhir tanda tangan. Permohonan surat keterangan kehilangan tidak dipungut biaya administrasi.

Namun jika kendaraan anda masih kredit ( belum lunas ) maka harus dilengkapi dengan surat keterangan dari leasing ( bank ) tempat BPKB asli disimpan. Langkah selanjutnya pergi ke SAMSAT sesuai dengan alamat yang tertera di STNK kendaraan anda.

Jangan lupa membawa KTP asli dan BPKB ( surat dari leasing ) asli. Untuk berapa lembar foto copy KTP dan BPKB lebih baik bertanya pada tempat foto copy di dekat kantor samsat, karena mereka lebih tahu perkembangan terakhir.

Setelah proses selesai anda akan mendapatkan STNK duplikat hingga masa berlaku plat nomor kendaraan berakhir. Pada perpanjangan berikutnya anda akan mendapatkan STNK asli kembali.

Mengurus SIM hilang sebenarnya kurang bermanfaat, namun anda tetap harus lapor secara resmi ke polsek terdekat. Dan langkah selanjutnya buat SIM yang baru.

Tindakan lapor kehilangan surat surat penting, seperti : KTP, SIM, BPKB, dan surat surat penting lainnya hukumnya wajib dan harus segera anda lakukan. Hal ini sangat penting. Jika surat surat anda sampai berada di tangan orang orang yang tidak bertanggung jawab ( di pakai untuk tindak kejahatan ), maka pihak berwajib akan mencari anda dan anda akan menghadapi masalah besar.

Namun jika anda telah mengantongi bukti surat kehilangan yang dikeluarkan oleh kepolisian ( sektor ), maka anda akan terbebas dari segala tuduhan dan tuntutan hukum meskipun KTP anda digunakan untuk tindak kejahatan.

STNK dan SIM hilang

Saat ini pihak kepolisian tengah mencanangkan program perpanjangan STNK satu jam selesai, bahkan kadang hanya beberapa puluh menit saja. Bagaimana cara perpanjangan STNK kendaraan.

STNK motor hilang merupakan hal yang paling sering terjadi. Hal ini karena kebiasaan orang kita yang selalu menyimpan surat surat penting (KTP, SIM, STNK, dan lainnya ) di dalam dompet dan ditaruh di kantong belakang. Kebiasaan ini sebaiknya mulai dirubah dengan menyimpan surat surat penting dalam tas atau diletakkan di saku celana depan.

loading...

Leave a Reply