Home >> Berkendara >> Apakah rencana menaikkan harga BBM bakal terwujud

Apakah rencana menaikkan harga BBM bakal terwujud

Berita kenaikan harga BBM mulai muncul di permukaan pada awal pemerintahan presiden Jokowi – JK. Seperti kita tahu bahwa isu kenaikan harga BBM ini sudah mulai muncul pada masa akhir jabatan presiden SBY. Dan kita juga tahu bahwa siapapun presidennya tentu akan menelan pil pahit tersebut, meskipun di mata masyarakat Indonesia kenaikan harga BBM selalu mendapat penolakan keras.

Subsidi BBM selalu dikaitkan dengan besarnya anggaran pemerintah yang selalu membengkak, sehingga untuk mengatasi hal tersebut sudah barang tentu pemerintah akan mengambil tindakan untuk mengurangi subsidi BBM yang dapat berarti sebagai kenaikan harga BBM. Dampak dari kenaikan harga BBM sudah pasti sangat mempengaruhi khususnya perekonomian masyarakat luas. Hal inilah yang memicu penolakan kenaikan harga BBM.

Sehingga pada awal awal pemerintahan presiden Jokowi muncul berbagai demo kenaikan BBM. Seperti diketahui bahwa pemerintahan baru Jokowi berencana menaikkan harga BBM berkisar antara 2000 hingga 3000 rupiah. Sehingga setelah terjadi kenaikan kemungkinan harga premium dapat menjadi sekitar 8000 hingga 9000 rupiah. Harga BBM sebesar itu tentu saja sangat memberatkan masyarakat ekonomi lemah.

Pemicu kenaikan harga BBM sebenarnya sudah sangat jelas yaitu industri dan kendaraan bermotor. Pada sektor industri sebenarnya tidak mengganggu keuangan pemerintah karena harga minyak untuk industri berbeda dengan harga BBM untuk kendaraan, sehingga subsidi BBM pemerintah hanya untuk pemakaian kendaraan bermotor saja.

Jumlah kendaraan bermotor seperti mobil dan motor mengalami kenaikan yang cukup pesat pada beberapa tahun belakangan ini, sehingga akan berdampak pada melonjaknya permintaan BBM jenis premium dan solar. Selama jumlah kendaraan bermotor terus melonjak tentu akan semakin menambah beban pemerintah untuk mensubsidi BBM. Hal demikian ini sepertinya terjadi terus menerus di negeri ini. Sehingga sebenarnya kenaikan harga BBM bukanlah barang baru lagi.

kenaikan harga bbm

Sebagai masyarakat biasa tentu anda harus pandai pandai mencari solusi supaya dampak kenaikan harga BBM ini tidak begitu besar menghantam perekonomian keluarga anda. Bagaimanapun juga kenaikan harga BBM pasti di ikuti oleh kenaikan harga barang dan jasa di semua segi dan hal tersebut tidak dapat anda hindari. Namun anda dapat sedikit mengurangi biaya hidup anda dengan memaksimalkan fungsi kendaraan bermotor anda baik itu mobil ataupun sepeda motor.

Loading...

Pada akhirnya pemerintahan Jokowi-Jk menaikkan harga BBM terhitung jam 12 malam tanggal 18 november 2014. Kenaikan harga BBM sekitar 2000 rupiah, sehingga premium harga baru menjadi Rp 8500,-/liter dan minyak solar menjadi Rp 7500,-/liter. Dampak negatif dari kenaikan harga BBM ini sudah dapat kita bayangkan sebelumnya yakni kenaikan harga di semua jenis barang.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *