Home >> Bengkel >> Warna busi mengindikasikan kondisi mesin mobil maupun motor

Warna busi mengindikasikan kondisi mesin mobil maupun motor

Kondisi kesehatan maupun performa mesin kendaraan dapat dilihat dari tampilan warna busi. warna busi dapat digunakan untuk mengindikasikan keadaan mesin kendaraan anda. Pemakaian bahan bakar boros juga dapat terlihat dari tampilan busi. Pada prinsipnya busi mampu menerjemahkan keadaan sesungguhnya mobil atau motor anda. Busi merupakan bagian paling penting dalam sistem pengapian kendaraan bahan bakar bensin.

Busi mempunyai banyak jenis dan kegunaan, apa saja jenis busi kendaraan yang ada saat ini. Mengingat pentingnya fungsi dan kegunaan busi maka sudah seharusnya anda mengganti busi mobil atau motor anda secara teratur, lebih bagus lagi kalau berbarengan dengan servis berkala kendaraan anda. Dengan perawatan teratur maka usia kendaraan menjadi semakin panjang.

Gejala kerusakan busi dapat mengakibatkan menurunnya performa kendaraan, bahkan jika kerusakan bertambah parah maka mobil atau motor anda akan susah hidup. Anda sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya mulai belajar mengatasi kerusakan kendaraan anda, meskipun mobil atau motor anda masih baru. Belajar mendeteksi permasalahan mobil maupun motor dapat membantu anda saat terjadi masalah di perjalanan, apalagi posisi kendaraan jauh dari bengkel, sehingga mau tidak mau anda harus mengerjakan sendiri.

Hanya dengan melihat warna elektroda pada busi kendaraan, maka anda dapat mengenali apakah performa kendaraan masih bagus atau ada kerusakan yang timbul, hal ini juga berguna sebagai deteksi kerusakan kendaraan sejak dini. untuk dapat membedakan tipe kerusakan, silahkan lihat beberapa keterangan warna busi berikut.

bagian bagian busi

Secara umum tampilan atau warna busi berikut mengindikasikan mesin mobil atau motor :

Warna busi coklat kemerahan : Mengindikasikan kondisi mobil atau motor dalam keadaan baik dalam kondisi busi kering. Namun meskipun warna busi coklat kemerahan dan saat anda goreskan pada telapak tangan meninggalkan bekas, maka mulai timbul gejala kerusakan pada sistem pembakaran anda.

busi coklat kemerahanJika bekas warna hitam tipis mengindikasikan bahwa mulai timbul kerusakan pada bagian kompresi kendaraan. Pada gejala kerusakan awal biasanya timbul karena fungsi ring seher sudah tidak maksimal. Kerusakan pada ring seher berakibat pada menurunnya sistem kompresi kendaraan.

Namun apabila busi warna merah kecoklatan yang basah oleh bahan bakar, maka hal ini mengindikasikan adanya permasalahan pada sistem pengapian, seperti : busi tidak bagus, percikan api busi menyebar ( tidak focus ), campuran bahan bakar dan udara tidak sesuai, atau busi mati. Tetapi jika semua keadaan bagus, maka arahkan pencarian anda pada sistem elektriknya, seperti kabel busi dan lainnya.

Warna busi hitam berjelaga : Mengindikasikan adanya kerusakan pada sistem kompresi kendaraan. Keadaan busi demikian juga dapat diartikan adanya campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang, pada umumnya warna busi hitam berjelaga ini karena campuran bahan bakar ( bensin ) terlalu banyak dari pada udara. Busi warna hitam juga dapat disebabkan saringan filter udara tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak menggunakan filter sehingga udara kotor masuk ke ruang bakar.

busi hitam berjelaga

 

Warna busi putih kering : Mengindikasikan adanya ketidakseimbangan campuran bahan bakar bensin dengan udara bersih, yang mana setting udara bersih terlalu besar. Keadaan demikian mengakibatkan mesin sangat cepat panas dan mengarah terjadinya overheat.

busi putih kering

 

Harga busi tergantung dari jenis dan typenya. Meskipun dipasaran banyak merek busi namun harganya tidak jauh beda dengan jenis sama. Secara umum harga busi mobil lebih mahal dari pada harga busi motor. Harga busi dapat berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *