Home >> Bengkel >> Tips modifikasi blower AC daihatsu Xenia

Tips modifikasi blower AC daihatsu Xenia

Bagaimana cara modifikasi AC kendaraan supaya udara yang dihembuskan steril dan terbebas dari debu halus. Blower AC tidak dilengkapi dengan saringan udara, sehingga udara yang dihembuskan banyak mengandung debu halus. Untuk itu harus ditambah saringan udara. Ikuti beberapa petunjuk cara menambah saringan blower AC kendaraan. Seperti diketahui bahwa harga xenia bekas cukup murah, sehingga perawatan sistem AC jadi kurang terawat, karena memang memerlukan biaya besar jika di servis ke bengkel.

Mobil minibus seperti Xenia memang menjadi idaman setiap keluarga Indonesia. Bahkan para kawula muda khususnya kaum wanita sangat menyukai jenis mobil ini. Selain mudah dikendarai juga sangat nyaman. Dan di sisi lainnya Harga daihatsu xenia juga tidak tergolong mahal dan masih dibawah harga toyota avanza. Bahkan anda dapat memilih transmisi manual atau automatis.

Namun namanya juga jenis mobil keluarga, tentu saja penumpangnya jadi lumayan banyak. Paling tidak empat hingga lima orang akan masuk dalam mobil anda. Bahkan Xenia dapat membawa penumpang lebih banyak lagi. Saya pernah membawa delapan orang dewasa ditambah empat anak anak usia SD, wow penuh sesak.

Dengan demikian kenyamanan jadi berkurang dan lebih parah lagi ruangan menjadi panas. Pada dasarnya idealnya hanya mampu untuk enam orang. Atau jika dipaksakan bisa delapan orang dan tidak lebih.

Kenyamanan berkendara tidak dapat lepas dari kemampuan AC mobil anda. Pada Xenia generasi pertama hingga pertengahan 2006 belum dobel AC, namun jika kualitas AC masih prima tentu saja tidak masalah dan dalam ruangan masih terasa nyaman. Untuk memperpanjang usia AC mobil anda, sebaiknya anda melakukan perawatan AC mobil dengan benar.

Bagaimana cara memodifikasi blower AC mobil Xenia. Jika anda adalah orang yang suka otak atik mobil tentu saja hal ini sebenarnya tidak begitu sulit. Anda hanya memerlukan media ( filter udara ) untuk menyaring udara masuk. Anda dapat menggunakan jenis filter apa saja.

blower evaporator

Selain dari pada itu ternyata AC mobil Xenia anda tidak dilengkapi dengan saringan udara , sehingga tidak menutup kemungkinan ruangan didalam mobil dipenuhi oleh debu debu halus yang mengganggu pernafasan anda, meskipun hal ini tidak berakibat langsung pada kesehatan anda. Namun dalam jangka waktu yang relatif lama tentu dapat berakibat buruk pada kesehatan.

blower AC xenia

Hal ini sebenarnya merupakan salah satu kekurangan produk daihatsu khusunya mobil Xenia. Tidak demikian dengan toyota Avanza yang telah dilengkapi dengan filter udara.  Semoga saja pada produk produk selanjutnya lebih diperhatikan lagi. Namun tentu saja anda dapat dengan mudah memodifikasi supaya udara yang mengalir kedalam ruangan menjadi lebih bersih.

Namun sebaiknya mempunyai pori pori yang bagus, sehingga aliran udara dari blower tidak terganggu. Saya sarankan menggunakan filter air untuk kolam ikan yang berwarna putih. Sebaiknya anda tidak menggunakan busa, karena dapat memberatkan kerja blower.

Cara membuat saringan filter udara blower AC Xenia

laci xenia

cara melepas laci

  • Buka laci
  • Dorong ke dalam dengan hati hati seperti ditunjukkan panah warna merah dan biru. Sebaiknya dahulukan panah merah sebelum panah biru.
  • Buka cover yang terletak dibawah laci.
  • Namun jika anda masih kesulitan. Untuk memudahkan sebaiknya buka cover dashboard ( panah hijau ). Buka baut 10 (dibawah laci bagian kiri ).
  • Jika masih kesulitan buka juga cover pintu ( penutup kerangka pintu ) ( panah kuning )
  • Sekarang dorong pelan pelan pinggir laci ke arah dalam.
  • Anda akan melihat fan blower AC. Tugas anda hanya menambah saringan udara diatas fan blower AC

Sebelum memasang filter udara sebaiknya fan blower dibersihkan dulu, sebab setelah sekian lama digunakan biasanya debu banyak menempel di baling baling fan. Paling tidak 6 bulan sekali anda ganti fiter udara atau jika masih bagus sebaiknya disemprot angin saja.

Cara menambah filter AC mobil

Ada beberapa mobil yang tidak dilengkapi oleh filter blower, sehingga udara yang dihembuskan akan bercampur dengan debu halus. Anda dapat membuat filter dengan bahan bahan sederhana dan sangat murah.

Pada kesempatan ini saya akan membuat filter blower AC dengan saringan nyamuk yang berbahan plastik. Bahan plastik sengaja di pilih karena mudah dibentuk.

Berikut cara membuat filter udara untuk blower AC mobil :

1. 1/2 meter kawat nyamuk berbahan plastik.

2. Gunting kecil.

3. Kawat / apapun untuk bingkai kawat nyamuk plastik.

bahan filter AC

Gunting / potong kawat nyamuk berbentuk lingkaran yang besarnya disesuaikan dengan lobang blower AC. Terakhir pasang pada lobang blower AC dengan mengikatnya dengan kawat / bahan pengikat lainnya. Baca juga daftar harga motor yamaha terbaru OTR jakarta 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *