Home >> Bengkel >> Tips lengkap cara ganti shockbreaker belakang motor yamaha mio

Tips lengkap cara ganti shockbreaker belakang motor yamaha mio

Cara ganti shockbreaker yamaha mio. Cara mengganti shockbreaker belakang sepeda motor mio sporty maupun motor Mio J teen sangat ribet dan sulit jika tidak paham caranya. Namun demikian sebenarnya cukup mudah kok sahabat motor mania. Pada dasarnya anda harus melepas maupun menggeser untuk mendapatkan posisi kunci ring atau kunci pas 14 mm. Tidak seperti saat pasang dan ganti shockbreaker belakang sepeda motor transmisi manual pada umumnya yang cukup gampang. Penngantian shockbreaker belakang sep[eda motor matic sedikit ribet, karena posisi rangka motor memang sedikit berbeda. Seperti diketahui bahwa shockbreaker belakang motor matic merupakan tumpuan satu satunya untuk menahan beban sehingga dibuat sedemikian rupa supaya tetap memiliki keseimbangan yang sempurna.

Pada hakekatnya sebelum anda bisa melepas dan mengganti shockbreaker belakang motor yamaha mio varian apapun, tentunya harus mengerti bagian mana yang harus dilepas dahulu dan hal ini harus secara berurutan. Dengan mengikuti petunjuk lengkap cara ganti shockbreaker belakang motor mio sporty maupun motor Mio J teen ini, maka anda diharapkan mampu untuk mengganti shockbreaker belakang motor matic sendiri dan tidak perlu pergi ke bengkel. Yah tidak ada jeleknya mencoba memperbaiki sepeda motor sendiri, meskipun masih kecil kecilan, dan sekalian untuk tambah pengalaman dalam hal otak atik motor.

Seperti diketahui bahwa sepeda motor matic menggunakan shockbreaker belakang tunggal yang terpasang pada sisi sebelah kiri. Dengan demikian tentu saja kerja shockbreaker motor matic bagian belakang ini cukup berat, apalagi jika sering berboncengan. Oleh sebab itu cukup wajar juga setelah pemakaian beberapa tahun atau maksimal 5 tahun, maka shockbreaker bagian belakang ini sudah mulai harus diganti, karena sudah tidak bisa bekerja secara sempurna lagi, entah itu shockbreaker bocor ataupun shockbreaker mati. Dengan demikian untuk mendapatkan kenyamanan ya tentunya anda harus mengganti shockbreaker belakang motor matic.

Perlu diketahui bahwa harga shockbreaker belakang sepeda motor yamaha matic tidak mahal dan bahkan bisa dibilang cukup murah. Pada saat ini yakni penulisan artikel ini diketahui bahwa harga shockbreaker belakang motor Yamaha mio J teen original hanya sekitar 150 ribuan, mungkin tiap pedagang suku cadang sepeda motor menerapkan harga yang berbeda. Dengan demikian tentunya lebih baik ganti shockbreaker yang baru dari pada mempertahankan yang lama dan tidak berfungsi secara maksimal.

Nah sahabat motor mania, yuk mulai mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kunci kuncinya untuk memudahkan anda bekerja nantinya, dan tentu saja sudah mempersiapkan shockbreaker belakang yang baru. Persiapan kunci kunci dan juga waktu luang cukup penting supaya anda nantinya saat bekerja tidak terburu buru, paling baik ambil saat libur mingguan bagi yang sudah bekerja. Berikut kunci kunci yang harus anda persiapkan untuk memudahkan kerja ganti shockbreaker belakang motor Yamaha Mio khususnya.

Cara ganti shockbreaker motor matic

>> Kunci kunci untuk ganti shockbreaker belakang motor yamaha mio
>> Obeng (+) yang bagus, lebih lengkap jika menyediakan obeng (+ )panjang dan pendek
>> Kunci Ring 14mm atau kunci Ring Pas 14mm, atau kalau tidak ada pakai kunci Pas 14 mm
>> Kunci sok ukuran 10 mm, saya sarankan gunakan tangkai yang panjang
>> Obeng( – ) jika nantinya diperlukan

Loading...

Nah setelah semua kunci kunci tersedia, yuk posisikan motor matic anda sedemikian rupa supaya lebih enak kerjanya. Beri ruang yang cukup untuk menaruh barang nantinya. Siapkan scangkir kopi hitam dan sebungkus rokok kesayangan supaya lebih bersemangat. Oh ya jangan lupa gunakan standar ganda ya untuk parkir motornya. Berikut cara memasang shockbreaker belakang motor matic selengkapnya :

loading...

>> Lepas semua cover bagian belakang motor yamaha Mio.
>> Lepas juga cover di samping kanan kiri tempat bagasi
>> Demikian juga lampu belakang juga sebaiknya di lepas

cara memasang shockbreaker belakang

>> Langkah berikutnya lepas jok untuk memudahkan kerja agan agan
>> lepas baut pengikat bagasi ada di bagian dasar bagasi
>> Copot juga penutup aki motor
>> Berikutnya lepas juga tuh terminal accu sekalian
>> Sekarang giliran lepaskan baut pengikat tanki bensin
>> Nah seharusnya sekarang agan agan sudah bisa geser bagasi dan penampungan bensin.

cara ganti shock belakang mio

>> Angkat dan geser bagasi ke arah depan
>> Demikian juga dengan tanki bensin geser sedikit ke depan dan angkat sedikit sehingga mendapatkan sudut yang pas untuk memasukkan kunci 14mm. Perlu juga tuh tanki di ganjal biar tidak turun
>> Sekarang saatnya agan agan lepas baut pengikat shockbreaker belakang motor Yamaha Mio, goyang goyang  sedikit dan sudah terlepas sekarang.
>> Ganti dengan shockbreaker belakang yang baru

Wah ternyata cukup mudahkan, yang penting sabar dan hati hati pasti penggantian shockbreaker belakang Mio agan agan akan cepat beres. Ada satu hal yang cukup penting adalah saat mengembalikan semuanya ke posisi semula. Jangan sampai untuk baut dan sekrup ya.