Home >> Bengkel >> Sepeda motor menggunakan ban tubeless untung apa rugi

Sepeda motor menggunakan ban tubeless untung apa rugi

Banyak pemilik sepeda motor ramai ramai mengganti ban kendaraannya dengan type ban tubeless, padahal seharusnya menggunakan ban biasa atau Tube Type, untung apa rugi ya. Pabrikan sepeda motor telah melakukan survei secara mendalam untuk menerapkan ban pada motor produksinya menggunakan ban type tubeless atau dengan ban biasa. Pastikan memilih ban yang tepat untuk mobil dan motor anda. Baca petunjuk cara memilih ban yang tepat.

Para produsen motor tersebut juga telah memikirkan tentang untung rugi menggunakan ban dalam atau tanpa ban dalam ( tubeless ) dengan berbagai pertimbangan seperti : faktor keamanan saat menikung, keawetan ban, daya cengkeram ban, daya tahan, daya cengkeram saat terjadi pengereman, dan beberapa pertimbangan lain. Sehingga penggunaan type ban pada motor sebenarnya telah dilakukan pengujian secara mendalam.

Jika demikian kenapa banyak pemilik sepeda motor yang sebelumnya menggunakan ban biasa mulai banyak beralih ke pemakaian ban tubeless. Pada umumnya mereka hanya mempunyai satu alasan yang mungkin saja masuk akal ( paling tidak ) yakni tidak mau repot dengan ban kempes di perjalanan karena tertusuk paku atau benda tajam lainnya.

Mengapa anda tidak menambal ban tubeless sendiri. Seperti kita tahu bahwa lumayan banyak tukang tambal ban pinggir jalan yang suka berlaku curang yakni bukannya menambal ban tapi justru merusak pangkal pentil yang pada akhirnya pemilik sepeda motor yang bannya kempes terpaksa harus membeli ban dalam baru yang harganya lebih mahal.

Karena alasan inilah ( salah satunya ) maka banyak dari mereka ( pemilik motor ) yang sebelumnya menggunakan ban biasa pada ramai ramai mengganti ban motornya dengan ban type tubeless. Asal tahu saja bahwa harga ban tubeless relatif lebih mahal dari pada harga ban biasa dan biaya ganti ban tubeless komplit lumayan mahal juga. Mereka beranggapan bahwa dengan menggunakan ban tubeless maka motor tidak akan mengalami kempes ban “selamanya”. Benarkah demikian.

motor ban tubeless bocor
ban tubeless bocor

Ternyata tidak juga. Buktinya setelah beberapa lama pemakaian ( paling 2 atau 3 bulan ) ternyata kempes juga itu ban mulai kambuh lagi. Sehingga pada akhirnya juga menambal ban dan ternyata harga tambal ban tubeless lebih mahal. Apakah masalah sudah selesai. Oh ternyata belum dan justru hal ini merupakan awal masalah, lhoh kok!

Tambal tubeless biasanya menggunakan alat tambal khusus yang biasa disebut sebagai tire repair kit ( cacing ). Secara umum cara menambal ban model tubeless ini justru menambah besar lobang bocoran supaya si cacing bisa masuk. Keadaan ini tentunya akan menambah berkurangnya kekuatan ban tubeless motor. Jika suatu saat timbul bocor ditempat yang sama, maka biasanya tidak bisa ditambal lagi karena lobang sudah terlalu besar yang pada akhirnya harus menggunakan ban dalam, nah lho.

Memang begitulah yang sebenarnya terjadi, jika sudah demikian jadinya maka menurut anda lebih untuk mana menggunakan ban biasa atau dengan ban tubeless. Sebenarnya ada kriteria tertentu kapan sepeda motor menggunakan ban type tubeless ( tanpa ban dalam ) dan kapan sebaiknya motor memakai ban biasa.

Perlu untuk diketahui bahwa pada dasarnya ban type tubeless ini mempunyai tekstur lebih keras dan tebal sehingga secara umum lebih berat dari pada ban biasa. Sehingga jika motor anda merupakan motor biasa ( isi silinder standar ) ya lebih baik dengan ban biasa saja. Malah justru lebih nyaman dikendarainya dari pada jika menggunakan ban tubeless.

Secara umum penggunaan ban tubeless lebih pas pada motor motor type sport dan motor besar dengan penggunaan jalanan rata dan tidak rusak atau bergelombang. Jika anda sering melewati jalanan berbatu ya lebih baik dengan ban biasa saja.

Ban motor tubeless anda bocor, wow nggak usah bingung dan mencari tukang tambal ban yang belum tentu ada di dekat anda sekarang. tetesin aja dengan lem power glue yang harganya hanya 1000 perak. Untuk antisipasi dalam perjalanan selalu bawa lem power glue dan pompa mini, pasti semuanya beres.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *