Home >> Bengkel >> Petunjuk cara merawat AC mobil supaya tetap dingin

Petunjuk cara merawat AC mobil supaya tetap dingin

Bagaimana cara merawat AC mobil. Dengan perawatan yang baik maka ruang kabin mobil anda tetap dingin sepanjang perjalanan. Bagaimana sebenarnya cara merawat sistem AC mobil, ikuti petunjuk singkat perawatan sistem AC berikut. Meskipun AC merupakan perangkat tambahan pada sebuah mobil, namun untuk daerah Indonesia terutama daerah perkotaan seperti Jakarta, maka melengkapi AC pada mobil sebuah mobil merupakan suatu keharusan, apa lagi ketika jalan sedang macet. Apakah dengan munculnya program mobil murah akan menambah kemacetan jakarta. Kita lihat saja perkembangan beberapa waktu kemudian.

Pada kendaraan keluaran terbaru, sistem pendingin ruangan mobil sudah terpasang bahkan ada beberapa mobil yang menggunakan dobel AC sehingga seluruh penumpang merasakan kenyamanan yang sama dan dapat mengatur sendiri kebutuhan AC.

Pada beberapa mobil yang lain, misalnya Xenia generasi pertama hanya dilengkapi satu AC, sehingga penumpang di belakang sering merasakan panasnya dalam ruangan mobil. Panasnya dalam ruangan kendaraan lebih terasa jika cuaca sedang panas. Meskipun mobil sudah dilengkapi AC, namun jika tidak dirawat dan dijaga dengan baik dalam waktu yang tidak lama AC akan cepat rusak, atau semakin sering menambah freon karena kurang dingin.

Bagaimana supaya AC kendaraan tetap berfungsi dengan baik dan awet. Tentu saja sistem AC kendaraan anda juga memerlukan perawatan seperti peralatan yang lain. Merawat sistem AC pada mobil tidak serumit yang dibayangan dan anda sebagai pemilik kendaraan dapat merawat AC mobil anda sendiri.

Bagaimana cara merawat AC mobil yang benar. Cara merawat AC mobil harus dilakukan secara teratur dan telaten. Jika anda seorang yang sibuk tentunya dapat mendatangi tempat tempat khusus perawatan sistem pendingin pada mobil. Pendek kata AC mobil harus dirawat dengan benar.

merawat AC mobil

Ada beberapa hal yang dapat memicu kerusakan pada sistem AC pada mobilĀ  anda. Jika terjadi masalah pada sistem AC tentu akan mempercepat habisnya freon. Interior mobil juga dipercaya dapat memperberat kerja freon. Jok mobil yang dilapisi kain ( beludru ) dapat memperberat kerja AC dan tentu saja pendinginan ruangan dalam mobil menjadi lebih lama dan tentu akan mempercepat habisnya freon.

Cara merawat AC mobil

Beberapa langkah berikut dapat memperpanjang usia AC kendaraan anda, sehingga freon akan lebih awet :

  1. Jangan menyalakan AC sewaktu mobil baru hidup atau lagi pemanasan.
  2. Matikan AC mobil anda sebelum anda mematikan mesin mobil. Pada sebagian kasus ketika mematikan mesin mobil tidak sekalian mematikan AC dan ketika mobil dihidupkan berbarengan dengan hidupnya AC. Hal ini akan memperpendek usia aki ( accu ) mobil karena harus bekerja super berat.
  3. Ketika anda akan bepergian pada siang hari disarankan untuk membuka semua kaca pintu sedikit dan pertahankan hingga kendaraan berjalan beberapa meter. Hal ini bertujuan untuk mengeluarkan udara panas didalam ruangan. Setelah cukup silahkan hidupkan AC kendaraan anda.
  4. Pastikan ruang dalam mobil selalu bersih dan bebas debu. Debu akan memperpendek usia filter udara AC dan memperberat kerja sistem AC kendaraan anda karena filter kotor. Jika fan blower AC mobil anda tidak dilengkapi dengan filter udara, anda dapat menambahkan filter udara sendiri.
  5. Ketika anda sedang pulang kampung dan membutuhkan puluhan jam perjalanan ada baiknya istirahatkan AC untuk beberapa saat.
  6. Ketika sedang mencuci mobil, maka sempatkan untuk sekalian membersihkan kondensor AC dengan semprotan tekanan tinggi ( kondensor berada tepat dibelakang grill depan ).
  7. Cek secara berkala perangkat AC dan semua sistem pendingin mobil anda termasuk penambahan freon. Kurangnya freon jika dibiarkan terlalu lama akan mengganggu sistem AC yang lain.

Pada mobil Xenia generasi pertama hanya dilengkapi satu AC dan blower AC tidak dilengkapi dengan filter udara sehingga udara yang keluar dari AC masih mengandung debu. Hal ini berakibat ruangan dalam kendaraan selalu kotor. Banyak yang tidak menyadari hal ini. Untuk membuat udara yang keluar dari AC bersih anda harus menambahkan filter udara pada kipas blower. Baca juga daftar harga motor yamaha terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *