Home >> Bengkel >> Petunjuk cara ganti oli mesin mobil manual maupun matic

Petunjuk cara ganti oli mesin mobil manual maupun matic

Ganti oli mobil maupun motor dapat anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. Selain menghemat waktu juga menghemat pengeluaran biaya. Memang biaya ganti oli ke bengkel lebih praktis dan cepat, di samping itu juga dikenakan biaya jasa yang relatif kecil hanya sekitar lima hingga sepuluh ribu.

Anda juga dapat menemukan gejala kerusakan maupun keanehan lebih awal pada kendaraan. Semakin cepat anda mendeteksi kerusakan kendaraan, maka akan semakin bagus karena kerusakan tidak merembet ke tempat lain. Hal ini tentu tidak akan anda dapatkan jika semua servis dilakukan oleh bengkel.

Namun dengan ganti oli mobil anda sendiri, maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Beberapa keuntungan ganti oli mobil sendiri, seperti :

  • Penghematan biaya.
  • Melihat kondisi oli mobil setelah digunakan beberapa ribu kilometer, sehingga anda dapat menentukan kapan ganti oli terbaik
  • Dengan melihat kondisi oli setelah digunakan, maka anda juga dapat menilai mutu oli yang anda gunakan selama ini.
  • Dengan melihat sisa oli yang anda keluarkan, maka anda akan mengetahui seberapa sehat kendaraan anda. Secara teori oli yang anda masukkan harus sama dengan oli yang anda keluarkan. Namun setelah pemakaian biasanya oli akan berkurang sedikit sekali akibat penguapan. Tetapi jika banyak berkurang maka ada yang tidak beres pada mobil anda.
  • Ketika ganti oli, maka anda dapat sekalian membersihkan mesin mobil anda.

Hal hal demikian tentu saja tidak akan anda dapatkan jika anda ganti oli mobil ke bengkel. Mereka hanya mengganti oli dan tidak lebih dari itu. Mengingat banyak kerugian jika ganti oli ke bengkel, maka meskipun anda orang yang sibuk dan tidak mempunyai banyak sisa waktu luang, tidak ada salahnya jika sesekali mencoba untuk mengganti oli mobil sendiri.

Cara ganti oli

Ada beberapa tahapan sebelum anda mulai ganti oli mobil. Langkah pertama siapkan peralatan, seperti :

  • Kunci untuk membuka baut oli.
  • Bejana untuk tempat oli bekas ( apa saja yang penting tidak bocor ).
  • Alas atau kardus lebar untuk digunakan saat membuka dan menutup baut.
  • Corong jika diperlukan.

Setelah peralatan anda dapatkan, selanjutnya anda ikuti langkah langkah berikut :

  • Geser kendaraan anda ke tempat teduh dan datar.
  • Kendorkan baut untuk buang oli ( hanya diputar sedikit saja ).
  • Hidupkan kendaraan anda sekitar lima hingga sepuluh menit.
  • Tunggu sebentar dan buka baut oli kendaraan anda.
  • Diamkan hingga semua oli keluar.
  • Tutup kembali dengan sempurna.

Jika terdapat rembesan pada waktu anda membuka baut, maka anda dapat menambah solatif ( warna putih ) pada baut. Kemungkinan anda bertanya untuk apa mengendorkan baut dan menghidupkan mesin mobil? Mengendorkan baut sedikit berguna untuk mempermudah anda membukanya nanti setelah mobil dihidupkan. Perlu diketahui bahwa membuka baut dalam keadaan dingin lebih baik dari pada membuka baut saat mesin panas.

lobang buang oli

Pada banyak kasus saat membuka baut ( dalam keadaan panas ) sering sekali kesulitan dan jika dipaksakan dapatĀ  membuat baut slek atau dol bahkan kemungkinan patah, karena logam lebih lembek dalam suhu tinggi.

Mengapa mobil dihidupkan sebelum ganti oli? Hal ini bertujuan untuk mengaduk kembali kotoran yang mengendap, sehingga diharapkan ikut terbuang bersamaan dengan oli. Hati hati jika anda menggunakan kompresor untuk memaksa semua oli keluar, bisa jadi angin kompresor mengandung uap air dan justru dapat merusak mesin mobil anda.

cara isi oli

Seberapa banyak oli yang harus anda masukkan dalam kendaraan anda. Pada dasarnya setiap jenis mobil berbeda, namun langkah paling gampang adalah dengan melihat dipstick oli. Setelah oli anda masukkan maka cabut dipstick oli dan lap dengan kain, kemudian masukkan kembali dan angkat lagi. Coba perhatikan keberadaan oli. Tinggi oli harus berada diantara tanda “O” yang berada diujung dipstick oli.

Setiap ganti oli biasanya dibarengi dengan ganti filter oli. Harga filter oli tidak mahal sekitar 50.000 hingga 100.000 tergantung jenis kendaraannya.

Cara ganti oli sepeda motor hampir sama dengan cara ganti oli mobil, namun secara umum ganti oli motor lebih mudah dan cepat. Yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan sepeda motor anda dengan oli yang anda gunakan. Lihat cek list harga motor yamaha terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *