Home >> Bengkel >> Perbedaan mesin mobil dengan sistem bahan bakar bensin dan diesel

Perbedaan mesin mobil dengan sistem bahan bakar bensin dan diesel

Saat ini kendaraan mempunyai dua sistem yakni mesin bensin dan mesin diesel. Apa saja perbedaan antara sistem bahan bakar bensin dengan kendaraan yang menggunakan sistem bahan bakar diesel. Kita mengenal mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin dan mesin kendaraan yang menggunakan bahan bakar diesel atau solar. Apa kelebihan dan kekurangan kedua bahan bakar tersebut. Bagaimana cara kerja sistem bahan bakar bensin maupun solar / diesel. Bagi orang yang awam mesin kemungkinan tambah bingung membedakannya.

Pada dasarnya kedua sistem bahan bakar yang menggunakan bensin maupun solar hampir mirip. Mesin kendaraan ( mobil ) berfungsi mengubah energi kimia menjadi energi mekanik ( energi gerak ) yang selanjutnya menggerakkan piston yang diteruskan ke roda, sehingga keempat roda mobil bergerak maju atau mundur. Lihat cara parkir mobil mundur.

Perbedaan mendasar antara mesin bensin dan mesin diesel adalah proses terjadinya ledakan di ruang bakar ( combuster ) :

Mobil bahan bakar bensin : bensin dicampur dengan udara bersih di dalam sistem karburator dan kemudian disemprotkan ke ruang bakar dan dimampatkan ( dikompresi ) oleh piston yang kemudian dibakar oleh percikan api yang dikeluarkan oleh busi.

Mobil bahan bakar diesel : Udara dimampatkan ( dikompresi ) dahulu kemudian bahan bakar di injeksikan. Udara yang mengalami pemampatan menjadi panas yang kemudian membakar solar ( minyak diesel ). Ada satu hal yang mungkin mengherankan, karena mesin diesel tidak membutuhkan busi. Pada mobil bensin generasi terbaru mulai diperkenalkan sistem injeksi bahan bakar yang sebelumnya menggunakan karburator. Pelajari bagaimana cara kerja sistem injeksi mobil bensin.

sistem bahan bakar

Namun mobil bahan bakar diesel dan mobil bensin sama sama menggunakan siklus pembakaran empat stroke ( mesin empat tak ), yaitu :

  1. Langkah isap : Ketika katup masuk terbuka, piston bergerak ke bawah dan melakukan langkah hisap.
  2. Langkah kompresi : ketika piston bergerak ke atas melakukan pemampatan ( mengkompres ).
  3. Pembakaran ( stroke ) : Saat piston bergerak ke atas hampir mencapai puncak ( pada saat yang tepat ) bahan bakar di injeksikan dan terjadilah pembakaran, namun lebih tepat disebut ledakan dan akibatnya piston terdorong ke bawah dengan cepat.
  4. Gas buang : Piston kembali ke atas dan membuang gas ke arah knalpot dan melakukan penghisapan kembali.

Gerakan dari no 1 hingga 4 disebut sebagai empat langkah dan gerakannya sangat cepat sekali. Sistem bahan bakar pada mobil sering disebut sebagai pembakaran internal karena terjadi di dalam ruangan ( ruang bakar ).

Mobil bahan bakar bensin Mobil bahan bakar diesel
Tingkat efisiensi bahan bakar rendah Tingkat efisiensi bahan bakar tinggi
BahanĀ  bakar boros Bahan bakar lebih irit
Getaran mesin halus Getaran mesin lebih besar
Menggunakan busi Tidak menggunakan busi
Sering bermasalah Jarang bermasalah
Untuk kendaraan kecil Untuk kendaraan besar
Volume mesin ( CC ) lebih kecil Volume mesin ( CC ) lebih besar
Menggunakan aki ampere kecil Menggunakan aki ampere lebih besar
Harga kendaraan lebih murah Harga kendaraan lebih mahal
Pemeliharaan mesin mudah Pemeliharaan mesin lebih sulit

Tingkat efisiensi bahan bakar mobil bensin relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat efisiensi mobil bahan bakar solar, karena kompresi solar lebih sempurna. Dengan demikian tentu saja pemakaian solar menjadi lebih irit. Namun mobil diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar lebih sempurna. Dikarenakan mobil diesel mempunyai tingkat efisiensi lebih bagus, maka getaran dan suara mesin juga lebih kasar.

Karena mempunyai pembakaran lebih sempurna, maka bahan logam yang digunakan pada mobil diesel juga dituntut lebih bagus dan tahan panas, sehingga harga mobil diesel juga di atas harga mobil bensin. Demikian juga mesin mobil diesel lebih besar, sehingga harus menggunakan aki yang lebih besar pula.

Karena mobil diesel mempunyai tenaga besar, maka bahan bakar diesel ini paling cocok digunakan pada jenis kendaraan besar seperti truk dan bus. Tidak dapat dibayangkan jika truk memakai bahan bakar bensin, tentu menggunakan bensin sangat besar dan itu suatu pemborosan. Baca juga cara membeli mobil bekas

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *