Home >> Bengkel >> Penyebab sistem AC mobil cepat rusak

Penyebab sistem AC mobil cepat rusak

Dinginnya hembusan udara dari sistem AC mobil tentu membuat perjalanan anda semakin nyaman, apalagi saat berkendara di panas yang terik. Sistem AC mobil memang menjadi salah satu pelengkap kenyamanan saat berkendara. Kerusakan dalam sistem AC mobil tentu membuat tidak nyaman karena kegerahan. Berikut beberapa hal mengapa sistem AC mobil anda cepat rusak.

Mengapa sistem AC mobil anda cepat sekali rusak. Hal ini biasanya berkaitan dengan cara anda memperlakukan sistem AC mobil yang tidak benar. Meskipun tidak langsung merusak komponen AC mobil, namun dapat mempercepat usia pemakaian komponen dalam sistem AC kendaraan. Salah satu komponen dalam sistem AC yang sering bermasalah adalah magnetic clutch sering rusak dalam sistem AC mobil. Penyebabnya bisa jadi cara menggunakannya yang kurang benar.

Hal lainnya yang dapat mengurangi kenyamanan dalam kabin mobil adalah minimnya hembusan udara dingin sehingga suhu menjadi meningkat karena hembusan angin terganggu. Yang demikian ini biasanya berhubungan dengan blower AC kotor dan penuh debu. Blower AC berada di dalam dashboard. Perawatan AC mobil tidak hanya terbatas dari menambah freon saja, tetapi juga perawatan komponen lainnya, salah satunya ya blower AC yang bertugas menyalurkan udara dingin dalam kabin. Hal ini sudah pernah kami bahas tentang cara modifikasi blower AC.

Apa saja sih penyebab kerusakan AC mobil. Dengan mengetahui penyebabnya maka diharapkan dapat memperpanjang usia pemakaian AC beserta komponennya. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang berhubungan dengan AC mobil. Lumayankan buat kebutuhan yang lain. Beberapa hal berikut sering anda lakukan dan berdampak pada cepat rusaknya fungsi maupun sistem AC mobil anda.

Menghidupkan AC

Cara menghidupkan AC tentunya tidak ada yang salah namun kurang tepat. Hal demikian sangat sering anda lakukan dan tanpa anda sadari kebiasaan tersebut justru dapat mempercepat usia AC mobil anda. Menghidupkan AC saat mobil baru star up kurang dapat dibenarkan. Tunggu hingga putaran mobil normal.

kerusakan AC mobil
akibat AC mobil rusak

Menghidupkan AC saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi juga kurang tepat. Seperti kita tahu bahwa saat tombol AC ON mengakibatkan terjadinya gelombang magnet pada magnetic clutch dan mengalami putaran sangat tinggi ( sesuai putaran mesin mobil ). Keadaan demikian akan mengakibatkan pengikisan pada karbon di magnetic clutch.

Kebiasaan menghidupkan AC saat suhu udara dalam kabin mobil panas juga tidak tepat. hal demikian akan mengakibatkan cepat habisnya kandungan freon. Jika mobil anda berhenti dalam waktu yang cukup lama di tempat terbuka dan kebetulan sedang panas maka suhu di dalam mobil juga ikut naik. Dalam keadaan demikian jangan langsung menghidupkan AC. Sebaiknya buka semua jendela dan biarkan mobil anda melaju dengan perlahan. Setelah ada sirkulasi dengan udara luar maka suhu dalam mobil akan turun dan normal, saat itu silahkan menghidupkan AC mobil anda.

Bagi anda yang suka merokok tentu nyaman mengemudi sambil merokok. Dan biasanya AC di matikan dahulu, sesaat setelah selesai merokok maka AC di hidupkan kembali. Hal demikian dapat mengakibatkan cepat terkikisnya karbon di magnetic clutch.

Kaca mobil yang nyaris tanpa pelindung ( no kaca film ) akan memudahkan panas masuk ke dalam kabin, hal demikian akan mempercepat habisnya freon.

Mematikan AC

Sebaiknya matikan AC sesaat sebelum mematikan mesin mobil. Hal yang sering terjadi yakni saat anda mematikan mesin mobil dan tombol AC masih dalam keadaan ON. Dan pada saat berikutnya tanpa cek ini dan itu maka anda langsung star up mesin mobil, sehingga mobil hidup bersamaan dengan hidupnya mesin mobil. Hal demikian dapat memperberat putaran mesin mobil dan juga accu.

Sistem AC mobil anda juga memerlukan perawatan secara teratur. Membersihkan kotoran yang menempel pada kipas blower paling tidak sebulan sekali. Kalau anda jarang atau mungkin tidak pernah membersihkan kotoran pada blower maka dapat mengakibatkan menumpuknya kotoran dalam evaporator. Jika hal ini terjadi maka biaya yang lebih besar akan menanti anda.

Evaporator yang kotor akan mengakibatkan masuknya udara dingin ke kabin ( dalam mobil ) akan terhambat. hal demikian juga akan mengakibatkan tumbuhnya jamur dalam kisi kisi evaporator. Akibat dari semua ini tentunya udara yang masuk dalam kabin mobil akan tercemar.

Demikian beberapa hal yang dapat mempercepat kerusakan dalam sistem mobil anda. Panasnya udara dalam kabin mobil anda bukan hanya di sebabkan oleh kurangnya kandungan freon, namun juga disebabkan oleh kerusakan kompresor AC. Hal ini sudah kami bahas dalam cara mengetahui permasalahan pada kompresor AC mobil.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *