Home >> Bengkel >> Pedoman perawatan dan service berkala mobil Daihatsu Terios

Pedoman perawatan dan service berkala mobil Daihatsu Terios

Perawatan berkala mobil Daihatsu terios. Bagi pemilik kendaraan baru maupun bekas sebaiknya memperhatikan dan menjalankan pedoman service secara berkala yang sesuai dengan tipe dan jenis mobil anda. Pada update kali ini admin akan memberikan informasi lengkap tentang perawatan mesin dan bodi mobil khususnya mobil Daihatsu Terios. Seperti kita ketahui bersama bahwa pada beberapa tahun belakangan ini pemilik mobil Daihatsu Terios sudah semakin banyak. Seiring dengan minat masyarakat pada tampilan kendaraan macho. Kalau pada beberapa tahun sebelumnya minat konsumen terfocus pada jenis mobil MPV. Pada saat sekarang sudah mulai banyak yang beralih ke mobil jenis SUV. Dalam hal ini mobil Daihatsu Terios menjadi pilihan paling pas. Selain harganya terjangkau, tampilan Daihatsu Terios juga terbukti sportif habis. Yuk kita perhatikan cara perawatan mobil Daihatsu Terios yang benar.

Dengan memperhatikan pedoman perawatan mobil Daihatsu Terios yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil merk DAIHATSU ini. Maka diharapkan performa mesin dan tampilan mobil Terios anda tetap terjaga dan mesin juga memiliki performa yang baik. Sebagaimana diketahui bahwa performa mesin mobil akan cenderung menurun seiring dengan bertambahnya angka kilometer mobil anda. Meskipun demikian jika anda melakukan perawatan dengan benar. Maka performa mobil anda akan tetap terjaga dengan baik. Tentu saja jika anda menjalankan sesuai dengan pedoman perawatan mobil Daihatsu Terios resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil DAIHATSU. Pedoman perawatan mobil Daihatsu resmi yang seharusnya menjadi patokan dalam merawat mobil Daihatsu Terios anda.

Servis berkala mobil Daihatsu Terios paling benar tentunya mesti dilakukan oleh bengkel resmi daihatsu. Bukan melakukan perawatan pada bengkel bengkel kecil pinggir jalan. Meskipun demikian untuk memangkas biaya perawatan mobil anda. Tidak ada salahnya jika sekali waktu mendatangi bengkel bengkel lainnya. Tetapi bukan untuk service besar. Kalau sekedar ganti oli mobil masih bisa dibenarkan. Karena seperti diketahui bahwa bengkel resmi Daihatsu terkadang letaknya cukup jauh, sehingga kalau sekedar ganti oli mesin, ganti ban, dan perawatan kecil lainnya bisa dikerjakan oleh bengkel biasa. Namun untuk penggantian suku cadang atau ganti spare part saya sarankan untuk mempercayakannya di bengkel resmi Daihatsu. Karena anda akan mendapatkan spare part asli daihatsu.

Pastikan mobil Daihatsu Terios anda menggunakan suku cadang asli. Jangan sekali kali mencoba memakai spare part kw karena akan mempercepat kerusakan mobil anda sekaligus memperpendek masa pakai kendaraan. Namun pada kenyataanya dilapangan masih cukup banyak pemilik mobil yang mengganti suku cadang dengan yang bukan asli, karena hanya mempertimbangkan dari segi harga pembelian saja. Perlu diketahui bahwa masa pakai suku cadang asli relatif lebih lama dari pada yang kw. Sehingga cukup wajah jika harga lebih mahal. Namun pertimbangan mengguankan suku cadang asli bukan hanya pada batas harga saja. Karena biasanya suku cadang palsu justru cenderung memperpendek usia suku cadang lainnya. Karena bahannya berbeda.

Perawatan mobil secara berkala berdasarkan pada masa pemakaian di jalanan. Artinya berpatokan pada berapa kilometer mobil melaju. Dan jika keadaan tersebut tidak terpenuhi, maka sebaiknya menggunakan patokan ke dua yakni usia kendaraan. Sebagai contoh masa penggantian oli mesin adalah setiap 10.000 km ( paling lama ). Namun karena mobil Daihatsu Terios anda jarang keluar rumah sehingga kalau berpedoman pada angka kilometer. Maka bisa jadi akan memakan waktu bertahun tahun hanya untuk mengganti oli. Dalam kasus demikian maka sebaiknya menggunakan patokan pada usia kendaraan. jadi mana yang tercapai lebih dahulu : 10.000 km atau waktu 6 bulan. Hal ini berarti jika oli mesin sudah pernah digunakan baik sebentar atau lama ( telah mengalami pemanasan ), Maka performa oli mesin tersebut mulai mengalami kerusakan setelah masa 6 bulan. Dengan demikian harus segera anda ganti. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tabel pedoman perawatan dan penggantian suku cadang resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil Daihatsu.

Pedoman Jadwal Perawatan dan Penggantian Suku Cadang Mobil Daihatsu

servis berkala mobil Daihatsu Terios

Loading...

komponen dasar mesin & sistem pengapian

kali 1000 km/bulan 1/- 10/6 20/12 30/18 40/24 50/30 60/36 70/42 80/48 90/54 100/60
Celah katup x x P x P x P x P x P
Semua tali kipas P x P x P x P x P x P
Oli mesin x G G G G G G G G G G
Saringan oli mesin x x G G G G G G G G G
Sistem pendingin P x x x P x x x P x P
Cairan pendingin P P P P G P P P G P P
Pipa gas buang x x P x P x P x P x P
Busi x P G P G P G P G P G
Accu x P P P P P P P P P P

Sistem bahan bakar & kontrol emisi

kali 1000 km/bulan 1/- 10/6 20/12 30/18 40/24 50/30 60/36 70/42 80/48 90/54 100/60
Saringan BBM x x x x x x x x G x x
Saringan udara x P P P G P P P G P P
Saluran BBM x x x x P x x x P x P
Saluaran ventilasi x x P x P x P x P x P
Charcoal canister x x x x P x x x P x x
CO/HC gas buang x P P P P P P P P P P

Rangka & bodi

kali 1000 km/bulan 1/- 10/6 20/12 30/18 40/24 50/30 60/36 70/42 80/48 90/54 100/60
Pedal kopling P P P P P P P P P P P
Pedal rem / parkir P P P P P P P P P P P
Tromol & pelapis rem x x P x P x P x P x P
Pad & piringan rem x P P P P P P P P P P
Silinder master & roda x x P x P x P x P x P
Minyak rem x x x x G x x x G x x
Minyak kopling x x x x G x x x G x x
sistem rem x x P x P x P x P x P
Roda kemudi ( stir ) x x P x P x P x P x P
slide slip x x P x P x P x P x P
ball joint x x P x P x P x P x P
Oli transmisi manual x x P x G x P x G x P
Minyak transmisi matic x x x x P x x x G x x
Oli roda gigi x x P x G x P x G x P
sistem suspensi roda x x P x P x P x P x P
Semua mur dan baut K K K K K K K K K K K
kembang ban & angin P P P P P P P P P P P
lampu lampu x P P P P P P P P P P
Rotasi ban x RB RB RB RB RB RB RB RB RB RB
sistem pendingin (AC) x x P x P x P x P x P

Keterangan tambahan

P : Periksa / cek kondisi

G : Ganti

K : Kencangkan

RB : Rotasi ban

** Untuk penggantian oli mesin dan saringan oli mesin sebaiknya dilakukan setiap 5.000 km atau pemakaian 6 bulan mana yang tercapai lebih dulu.

Loading...