Home >> Bengkel >> Mengapa anda harus memasang alarm untuk mobil anda

Mengapa anda harus memasang alarm untuk mobil anda

Beragam jenis alarm mobil dijual di pasaran dari yang harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, sehingga akan membingungkan anda ketika berkeinginan untuk memasang alarm pada mobil kesayangan anda. Besar kecilnya harga alarm mobil tergantung dari kemampuannya mendeteksi bahaya. Semakin peka terhadap rangsangan luar juga semakin mahal harga alarm mobil.

Bahkan ada yang menggunakan teknologi GPS. Sehingga jika mobil tersebut berhasil dicuri, maka sang pemilik dapat mendeteksi arah dan tujuan kendaraannya. Dengan demikian mobil yang dicuri dapat dengan cepat ditemukan kembali. Jenis alarm yang menggunakan teknologi GPS banyak dipasang pada kendaraan rental. Dengan memasang alarm GPS maka pemilik kendaraan cepat dapat mendeteksi bahaya pencurian. Sebagai contoh misalnya peminjam mobil membawa kendaraan tidak sesuai dengan perjanjian awal.

Bentuk pengaman mobil paling sederhana adalah remote alarm mobil. Remote mobil ini digunakan hampir pada semua mobil, kecuali pada mobil mobil tua. Remote alarm mobil hanya berfungsi untuk membuka dan mengunci mobil dari jarak jauh. Sehingga remote alarm mobil tidak dapat berfungsi sebagai pengaman mobil.

Pada saat ini kita dapat menemukan penjual alarm mobil dengan mudah. Biasanya mereka menjual alarm mobil beserta jasa pemasangannya. Anda dapat memesan harga maupun pelayanan pemasangan lewat internet dan pada saat berikutnya mereka akan datang melakukan pemasangan alarm mobil pesanan anda.

Semakin berkembangnya dunia teknologi, sehingga anda dapat memilih suara alarm mobil sesuai dengan keinginan anda. Berbagai jenis suara ditawarkan dari suara merdu hingga suara keras. Namun karena untuk pengamanan maka tentu saja suara keras lebih disarankan, sehingga dari jarak jauh anda dapat mengetahui adanya tindak pencurian kendaraan anda.

pengaman mobil

 

Tugas utama alarm mobil adalah untuk mengamankan mobil anda dari tindak pencurian. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi alarm mobil, maka pada saat itu ilmu para pencuri juga semakin bertambah. Sehingga dapat dikatakan ilmu pencuri sejengkal lebih maju. Dengan demikian secanggih apapun pengaman mobil anda, tentu tidak dapat menjamin seratur persen terbebas dari pencurian.

Namun tentu saja berbeda antara mobil yang berpengaman sama dengan mobil tanpa pengaman sedikitpun. Ketika mobil anda berada di luar rumah atau di pinggir jalan raya sangat rentan terhadap tindakan pencurian, sehingga pengaman mobil sangat diperlukan, paling tidak dapat menghambat pencuri bekerja lebih cepat. Jika tanpa pengaman kemungkinan mobil anda dapat dicuri dengan hitungan detik, maka dengan pengaman tentu membutuhkan waktu lebih lama. Dengan lamanya waktu tentu lebih mudah terdeteksi.

Setelah banyak mendengar tindakan pencurian mobil yang semakin mengkawatirkan, tentu kita akan semakin bingung untuk memilih pengaman mobil yang paling bagus dan terbebas dari pencurian. Tidak ada salahnya anda memasang pengaman mobil yang mahal harganya meskipun tidak menjamin seratus persen aman. Untuk menambah rasa aman dan nyaman ketika anda meninggalkan kendaraan anda, maka ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips berikut :

  • Gunakan pengaman mobil ganda. Selain memasang pengaman mobil dengan teknologi elektronik ( alarm mobil ) sebaiknya anda juga memasang pengaman manual ( kunci stang, rantai gardan, rantai ban, dan lain lain ).
  • Jangan tinggalkan kendaraan anda di tempat tempat sepi dan di pinggir jalan raya sendirian dalam waktu yang cukup lama, terutama pada malam hari.
  • Parkir kendaraan anda sedemikian rupa sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengeluarkan mobil anda dengan cepat. Seperti memarkir kendaraan diantara tembok atau apapun.
  • Pastikan anda telah menutup semua kaca kendaraan sewaktu meninggalkannya.
  • Sebaiknya anda memarkir kendaraan anda di garasi rumah dengan posisi kepala di bagian dalam dan bagian kanan menempel pada tembok.

Meskipun anda tidak dapat mengamankan kendaraan anda sepenuhnya, maka paling tidak anda dapat menghambat pencuri beraksi lebih lama. Kejahatan mobil tidak hanya terjadi dirumah atau ditempat parkir. Pada saat jalanpun keamanan kendaraan juga terbilang rawan. Hal ini terbukti pencurian barang berharga sewaktu mobil sedang ditunggui pemiliknya. Kejahatan ini sering disebut sebagai penjahat pecah kaca mobil. Untuk itu sebaiknya anda waspada dengan :

  • Tidak meminggirkan kendaraan meskipun ada orang yang mengatakan kendaraan anda sedang dalam masalah.
  • Letakkan barang berharga seperti uang dan perhiasan pada tempat yang sulit dijangkau dengan mudah.
  • Ketika anda mengambil uang dari bank dalam jumlah besar, sebaiknya tetap waspada dan usahakan melewati jalan lancar.

Baca juga info harga mobil honda terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *