Home >> Bengkel >> Kapan seharusnya isi freon mobil yang tepat

Kapan seharusnya isi freon mobil yang tepat

AC mobil berguna untuk menjaga suhu udara dalam kendaraan, sehingga ketika udara dalam ruangan mobil terasa panas, maka sudah dapat dipastikan kerja AC mobil anda tidak maksimal dan pada langkah selanjutnya anda akan berfikir untuk menambah isi freon mobil anda. Namun ketika anda telah menambah isi freon mobil anda, ternyata hasilnya tidak maksimal.

Secara umum ketika AC mobil tidak dingin, maka kebanyakan pemilik kendaraan akan menambah freon untuk mobil kesayangannya. Pendapat ini tidak salah dan juga tidak benar. Dinginnya udara yang keluar dari sistem AC mobil tidak semata mata karena kerja freon. Dalam sistem AC mobil terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan, sehingga menghasilkan udara dingin di dalam kabin kendaraan. Jika salah satu komponen sistem AC mobil tidak berfungsi dengan baik, maka akibatnya udara yang dihembuskan oleh blower(kipas) kurang dingin, sehingga suhu dalam kendaraan juga kurang dingin.

Sebelum anda mengambil keputusan untuk menambah isi freon AC mobil anda, maka sebaiknya memperhatikan dan memastikan kerja semua komponen dalam sistem AC bekerja dengan baik. Secara umum komponen sistem AC mobil meliputi : kompresor, kondensor, expansion valve, evaporator, dan fan blower. Untuk itu pelajari bagaimana cara kerja komponen dalam sistem AC mobil.

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika akan menambah isi freon AC mobil adalah cek terlebih dahulu aliran refrigerant yang terlihat pada sight glass. Jika terlihat gelembung gelembung yang hampir memenuhi kaca sight glass ( busa sabun ) berarti freon dalam sistem AC mobil anda kurang dan memerlukan penambahan freon. Tetapi jika dalam sight glass terlihat seperti air mengalir ( tampilan kaca sight glass bening ), maka hal ini menandakan bahwa isi freon AC mobil anda masih cukup dan tidak perlu menambah freon.

Isi freon AC mobil anda tidak perlu terlalu penuh, jika kepenuhan justru akan mengganggu kerja otomatis. Berapa biaya tambah freon AC mobil. Biaya tambah freon AC mobil hanya sekitar 100 ribu rupiah. Ketika isi freon AC masih cukup tetapi tidak dapat mendinginkan ruangan dalam kendaraan, maka kemungkinan ada salah satu komponen yang bermasalah. Dengan demikian anda harus cek komponen AC satu persatu. Secara umum tidak terlalu sulit cek komponen AC, karena hampir sebagian besar komponen AC dapat terlihat dengan jelas. Anda dapat menggunakan air sabun untuk cek kebocoran selang AC.

freon mobil

Kemungkinan lain kompresor bermasalah. Perhatikan putaran kompresor AC. Kompresor AC biasanya berada di dekat mesin utama dan menempel pada mesin. Putaran kompresor AC mobil mengikuti putaran mesin kendaraan dengan sambungan fan belt. Anda dapat cek kompresor AC mobil dengan memegang bodi kompresor dan perhatikan getaran dan suara kompresornya. Jika getaran halus dan nyaris tanpa suara maka hal ini menandakan masih bagus.

Kemungkinan lain ada masalah di evaporator yang mengalami kebocoran. Namun biasanya evaporator jarang sekali bocor karena letaknya ada di dalam dashboard mobil. Hal yang paling sering terjadi justru evaporator tertutup oleh debu tebal sehingga kurang dapat mengalirkan udara dingin. Cek daftar harga mobil toyota terbaru.

Hal inilah yang sering dilupakan oleh sebagian besar pemilik mobil maupun tukang servis AC mobil. Tertutupnya evaporator oleh debu dapat mengakibatkan kerja AC mobil tidak maksimal. Karena bagaimanapun juga hembusan angin yang melewati evaporator tidak akan berubah menjadi dingin, karena kisi kisi evaporator tidak dingin.

Ada beberapa merek mobil yang tidak melengkapi filter udara pada fan blower AC yang ada didalam kabin ( dashboard ), sehingga fan blower tersebut juga dapat menyedot debu dan dapat berakibat pada tertutupnya kisi kisi evaporator oleh debu. Salah satunya adalah xenia tahun 2006, sehingga anda harus memodifikasi fan blower AC xenia supaya udara yang masuk ke evaporator bersih. Untuk mencegah sistem AC mobil anda bermasalah, maka anda sebaiknya merawat sistem AC mobil anda, sehingga usia AC kendaraan anda menjadi lebih lama.

Saran

Anda dapat cek AC kendaraan anda secara detil, namun untuk perbaikannya sebaiknya diserahkan pada bengkel AC langganan anda, sehingga masalah AC kendaraan anda dapat diatasi dengan benar.

Ada kalanya semua sistem AC berjalan bagus dan tidak bermasalah, namun dalam ruangan kabin masih tetap kurang dingin. Jika demikian ada baiknya anda cek kualitas kaca film mobil anda.

loading...

Leave a Reply