Home >> Bengkel >> Kapan sebaiknya mobil anda masuk bengkel

Kapan sebaiknya mobil anda masuk bengkel

Seberapa sering mobil anda masuk bengkel. Apakah setiap ada kerusakan kendaraan mobil anda harus masuk bengkel. Kerusakan apa saja sehingga mobil harus masuk bengkel. Apakah mobil harus masuk bengkel resmi. Berapa biaya kendaraan jika masuk bengkel resmi. Apakah selain bengkel resmi maka hasilnya kurang maksimal. Apakah penggantian spare part harus menggunakan yang original.

Berbagai pertanyaan sering muncul saat kendaraan anda mengalami kerusakan. Bahkan sebelum anda mengetahui jenis kerusakan mobil anda langsung berfikir untuk membawa ke beres. Namun demikian apakah dengan membawa mobil ke bengkel maka permasalahan mobil anda akan dapat cepat selesai. Secara umum servis kendaraan memang lebih baik dan lebih puas jika di bawa ke bengkel resmi sesuai dengan merek mobil.

Namun demikian sebenarnya tidak semua kerusakan kendaraan harus di masukkan ke bengkel resmi. Seperti kita ketahui bahwa biaya bengkel resmi dapat beberapa kali lipat jika dibandingkan dengan bengkel biasa. Sebagai contoh untuk tune up kijang innova tanpa mengganti apapun dapat membutuhkan biaya hingga beberapa ratus ribu rupiah, sehingga jika ada spare part yang harus di ganti sudah tentu biaya membengkak hingga jutaan rupiah.

Tidak dapat dibantah memang penggantian di bengkel resmi lebih memuaskan karena semua spare part yang di jual di sana terjamin keasliannya, namun demikian tidak semua spare part mobil harus ganti dengan yang original, hal ini hanya untuk meminimalkan biaya perbaikan. Hanya spare part yang berhubungan dengan mesin dan untuk menghidupkan mobil saja yang sebaiknya di ganti dengan yang original. Untuk yang lain seperti aksesoris sebaiknya menggunakan yang biasa juga sudah cukup.

Sebenarnya anda juga dapat melakukan perawatan sendiri, seperti : ganti oli mesin, ganti oli gardan, ganti tape mobil, cuci mobil, ganti air radiator, dan lainnya. Yang pasti yang ringan ringan tidak harus menggunakan jasa orang lain. Hal ini selain dapat mengurangi biaya perawatan mobil juga dapat menambah pengalaman anda sendiri.

Namun jika anda membeli mobil baru lebih disarankan untuk membawa / servis mobil anda di bengkel resmi saja sesuai dengan petunjuk perawatan secara berkala. Sebab jika anda membawa ke bengkel biasa tentu jaminan perawatan resmi akan hangus dan jika terjadi masalah dengan kendaraan anda maka mereka (beres) tentu tidak mau bertanggung jawab.

mobil masuk bengkel

Jika anda membeli kendaraan bekas anda dapat melihat buku petunjuk perawatan secara berkala dan anda dapat menuliskan history perawatan sendiri. Kapan sebaiknya melakukan penggantian spare part kendaraan. Berikut anda dapat menemukan buku petunjuk perawatan secara berkala pada beberapa jenis mobil, seperti :

Perawatan Nissan Grand Livina

Perawatan berkala mobil honda city, honda jazz, dan honda freed

Perawatan secara berkala mobil honda

Perawatan / servis mobil mitsubishi

Perawatan secara berkala mobil toyota

Perawatan mobil daihatsu xenia

Dengan mempelajari buku perawatan mobil maka anda dapat mengetahui kapan harus melakukan penggantian suku cadang kendaraan anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *