Home >> Bengkel >> Kapan sebaiknya ganti air radiator kawasaki ninja 250RR, Vixion, dan Honda Vario

Kapan sebaiknya ganti air radiator kawasaki ninja 250RR, Vixion, dan Honda Vario

Motor Kawasaki Ninja 250RR merupakan salah satu motor dengan pendingin cairan ( air ), beberapa motor yang berpendingin cairan seperti honda vario dan juga motor lainnya seperti yamaha vixion serta beberapa motor lainnya. Seperti halnya radiator mobil, maka radiator motor ini juga memerlukan penggantian secara berkala. Lantas kapan sebaiknya anda harus mengganti air cooling motor atau pendingin cairan pada motor.

Pada dasarnya volume air cooling radiator motor tidak akan berkurang dan jika berkurang tentunya hanya sedikit sekali. Jika anda menemukan cairan pendingin motor anda sangat cepat berkurang, maka tentunya terjadi masalah serius pada motor anda. Jika tidak segera dicari masalahnya tentunya akan membuat kerusakan tambah parah.

Masalah umum yang sering terjadi jika air radiator motor cepat berkurang biasanya ada kerusakan pada seal water pump. Akibat sobeknya seal water pump maka air radiator akan merembes ke mesin dan selanjutnya akan bercampur dengan oli mesin. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama biasanya mengakibatkan kendaraan macet karena tidak ada pelumasan. Perlu diketahui bahwa jika air bercampur dengan oli dan terjadi perputaran maka akan berubah seperti lumpur kental.

Dalam keadaan normal sebaiknya anda mengganti air radiator kawasaki ninja 250RR, Vixion, Honda Vario, Jupiter MX dan lainnya paling tidak 6 bulan sekali atau tiap pemakaian 10,000 km. Ada baiknya juga sering cek level air coolant motor, sehingga setiap ada perubahan yang terjadi cepat ketahuan. Air pendingin coolant untuk sepeda motor biasanya di jual perkemasan 1 liter.

Penggantian air radiator coolant pada sepeda motor tetap saja mempunyai masa pakai / masa kadaluarsa sehingga penggantian secara teratur harus dilakukan. penggantian air radiator juga bertujuan untuk membuang endapan lumpur yang terjadi saat pemakaian. Lumpur endapan ini jika tidak dibuang dapat mengganggu kinerja pendinginan dan dapat menurunkan kinerja motor anda.

air coolant

Banyak merek air coolant untuk motor di jual di pasaran dan harga cukup murah masih di bawah 50 ribuan. Pilih coolant yang mempunyai titik didih tinggi sehingga saat panas motor tinggi otomatis air coolant tidak cepat menguap. Tiap pabrikan motor juga menjual air radiator coolant seperti honda maupun yamaha. Anda juga bebas memilih sesuai dengan pilihan anda sendiri.

Air coolant radiator berfungsi sama dengan fungsi radiator mobil yaitu sebagai pengendali panas mesin saat kendaraan di pacu. Penggunaan air coolant yang berkualitas baik sangat membantu meningkatkan performa kendaraan anda khususnya sepeda motor anda. Sehingga untuk menjaga air coolant tetap berfungsi dengan baik sudah seharusnya anda sebagai pemilik kendaraan selalu cek level coolant secara teratur dan melakukan penggantian secara berkala.

Penggantian maupun penambahan air coolant pada sepeda motor dapat anda lakukan sendiri sebab pada dasarnya cukup mudah, hanya membuka baut buangan dan mengisinya kembali sudah cukup.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *