Home >> Bengkel >> Kapan sebaiknya anda ganti minyak rem kendaraan

Kapan sebaiknya anda ganti minyak rem kendaraan

Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka minyak rem harus diganti. Meskipun masa pakai minyak rem cukup lama, namun bukan berarti bisa digunakan secara terus menerus. Dengan demikian sebaiknya secara berkala anda mesti kontrol keberadaan minyak rem ini, baik dari jumlah cairannya maupun tampilannya. Lantas bagaimana cara memastikan jika minyak rem dalam keadaan bagus atau layak pakai.

Pada keadaan normal, seharusnya minyak rem bisa mencapai hingga pemakaian puluhan ribu kilometer, namun karena kondisi tertentu, maka bisa saja sebelum mencapai batas akhir masa pakai minyak rem terjadi perubahan sehingga cairan minyak rem menjadi rusak dan tentu saja tidak aman untuk digunakan kembali. Minyak rem yang bagus berwarna kuning atau merah atau sesuai dengan spesifikasinya, namun saat rusak akan terjadi perubahan warna. Apa saja penyebab rusaknya cairan minyak rem pada kendaraan.

Minyak rem yang bagus tampilannya bersih dan bening, meskipun saat ini minyak rem berwarna, misalnya merah atau kuning atau bahkan bening saja. Selama tidak ada perubahan pada warnanya maka minyak rem kendaraan anda masih layak pakai dan aman digunakan. Namun jika sudah mulai keruh dan kotor yang biasanya terdeteksi di dasar penampungan, maka secepatnya minyak rem harus di ganti, karena sangat berbahaya jika dipaksakan.

Penyebab rusaknya minyak rem ada beberapa macam dari hal yang berkaitan dengan cara anda yang tidak benar saat penggantian atau karena kondisi alam. Namun sebagian besar penyebab rusaknya minyak rem berhubungan erat dengan kebiasaan anda. Dengan demikian perhatikan tips cara pengisian minyak rem yang benar sehingga aman digunakan hingga masa pakai habis dan mampu bertahan tetap bagus hingga masa penggantian minyak rem atau sering disebut sebagai cairan rem kendaraan ini.

Perlu diketahui bahwa usia pakai cairan rem kendaraan bisa bertahan hingga cukup lama namun hal ini bukan berarti anda tidak pernah cek da lihat kondisinya, karena setiap waktu kualitasnya bisa berubah. Salah satu cara yang paling mudah mendeteksi kualitas minyak rem masih bagus atau tidak dengan melihat langsung kondisinya di tempat penampungan yang biasanya terbuat dari bahan anti karat ini. Paling tidak tentukan waktu sebulan sekali untuk cek kondisi minyak rem mobil atau motor anda.

ganti minyak rem mobil

Cara cek minyak rem kendaraan

Loading...
  • Perhatikan warnanya telah berubah atau belum, minyak rem yang bagus memiliki tampilan cairan bening dan transparan.
  • Jika minyak rem berubah warna atau menjadi sedikit keruh, maka cepatlah ganti dengan yang baru.
  • Perhatikan juga tempat penampungan atau bejana minyak rem, jika anda endapan atau karat, maka juga sebaiknya cepat ganti yang baru.
  • Minyak rem bisa rusak atau berganti warna karena pengaruh atau terkontaminasi dengan suhu udara luar, jadi tutuplah rapat rapat.

Sesuai dengan buku panduan kendaraan anda, bahwa minyak rem mampu bertahan hingga pemakaian laju kendaraan sejauh 40.000 km dengan catatan kondisinya masih bagus ( tidak ada endapan dan berubah warnanya ). Sehingga setelah mencapai masa batas pemakaian anda harus mengganti dengan yang baru dan sesuai dengan standar kualitas tentunya. Cara penggantian minyak rem cukup mudah dan pastikan anda mengganti semuanya. Penambahan minyak rem sama sekali tidak dibenarkan apalagi dengan kualitas yang berbeda. Cek kondisi mobil termasuk minyak rem sebelum anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

loading...

Harga minyak rem kendaraan cukup murah. Minyak rem biasanya di jual perbotol. Pada saat ini harga minyak rem berkisar antara 200 ribu hingga 500 ribuan perliternya. Namun sebagian besar di jual perbotol dengan isi 300 ml. Bahkan ada juga minyak rem yang harganya sangat murah. Namun sayangilah kendaraan anda dengan menggunakan minyak rem berkualitas. Jadi jangan beli yang asal murah. Mengapa demikian?

Seperti diketahui bahwa minyak rem sangat erat hubungannya dengan sistem pengereman kendaraan baik untuk mobil maupun sepeda motor atau bahkan kendaraan berat seperti truk dan bus. Sehingga jika anda menggunakan minyak rem sembarangan, tentunya akan berdampak pada sistem rem kendaraan dan bisa jadi saat digunakan maka rem blong. Tentunya hal ini bukan kehendak kita semua. Seperti diketahui bahwa di pasaran banyak juga yang menjual minyak rem harga sangat murah.

Minyak rem di desain untuk mampu bekerja hingga suhu yang sangat tinggi, bahkan hingga mencapai dua kali titik didih air. Namun demikian jika kendaraan sering digunakan untuk jarak jauh terus menerus, maka tentu saja masa penggantian minyak rem menjadi lebih pendek. Tentu anda sering mendengar kecelakaan akibat rem blong yang biasa terjadi pada kendaraan kendaraan dengan muatan besar seperti truk, bisa jadi pemiliknya jarang ganti dan cek minyak rem, semoga bermanfaat. Pelajari juga cara ganti oli gardan mobil.

Leave a Reply