Home >> Bengkel >> Harga mobil diesel dan cara merawatnya

Harga mobil diesel dan cara merawatnya

Harga mobil diesel relatif lebih mahal dari pada harga mobil bensin. Pelajari cara merawat mobil mesin diesel ini. Namun banyak keunggulannya, salah satunya bahwa mobil dengan bahan bakar minyak solar ini mempunyai daya tarikan lebih besar dan memiliki ketahanan mesin berlebih. Pada umumnya mobil diesel jarang sekali mogok karena sistem pencampuran bahan bakar menggunakan sistem injeksi. Dengan perawatan yang baik mobil diesel dapat bertahan hingga puluhan tahun. Secara umum mobil mesin diesel jarang mengalami kerusakan seperti pada mobil bensin, namun satu kekurangan mobil bermesin diesel adalah suaranya yang kasar dan akselarasi tidak sebagus mobil bermesin bensin.

Secara umum harga mobil diesel baru lebih tinggi dari pada mobil bensin baru. Apa kelebihan dan kekurangan mobil bermesin diesel dan bagaimana cara merawat mobil diesel. Sistem bahan bakar bensin berbeda dengan sistem bahan bakar diesel. Sehingga jika anda memiliki mobil jenis ini mesti tahu bagaimana cara perawatannya. Pelajari cara merawat mesin mobil diesel.

Kendaraan yang menggunakan bahan bakar diesel atau sering disebut sebagai minyak solar didominasi oleh kendaraan kendaraan besar seperti truk dan bus atau kendaraan kendaraan yang mempunyai tugas berat. Bahan bakar minyak diesel memang paling cocok diterapkan pada mobil mobil yang membutuhkan tenaga besar. Tidak demikian dengan mobil bensin.

Ada satu hal yang harus diperhatikan bagi pengguna kendaraan berbahan bakar solar ini, meskipun jarang sekali rewel, jika tidak dirawat dengan baik dan teratur maka biaya perbaikannya jauh lebih mahal dari pada mobil bensin. Hal yang paling sering harus diperhatikan adalah sistem semburan bahan bakar yakni nozzel yang sering mampat dan jangan lupa filter bahan bakar juga mesti teratur penggantiannya.

Bagaimana cara merawat kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar / mobil diesel. Secara umum cara merawat kendaraan hampir sama antara kendaraan yang memakai bahan bakar premium dengan mobil dengan bahan bakar solar atau sering disebut dengan mobil diesel. Berikut cara merawat kendaraan yang bermesin diesel :

harga mobil diesel

1. Pemanasan mesin sangat diperlukan untuk memberi kesempatan pelumasan pada bagian bagian yang bergerak.

Loading...

2. Untuk mencegah kendaraan mogok atau jalannya tersendat sendat, maka sebaiknya anda mengganti filter bahan bakar ( filter solar ) setiap 15.000 km.

3. Sering seringlah membersihkan filter udara dan ganti sebelum benar benar mampet.

4. Mesin diesel sangat bergantung pada pompa injeksi ( injection pump untuk menyalurkan bahan bakarnya, dengan demikian sebaiknya anda selalu memperhatikan sisa bahan bakar pada tanki bahan bakar. Sebab jika sampai injection pump ngempos sangat merepotkan.

5. Setelah menempuh perjalanan jauh sebaiknya anda tidak mematikan mesin langsung kecuali menunggu beberapa saat untuk colling.

6. Jika anda harus mengganti suku cadang ( spare part ) maka pastikan dengan suku cadang asli ( original ).

7. Secara umum kendaraan yang berbahan bakar solar jarang mengalami kerusakan jika dirawat dengan baik. Namun demikian yang namanya mesin tetap akan rusak. Biaya perbaikan mobil diesel relatif lebih mahal dari pada mobil berbahan bakar bensin.

Karena pembakaran mobil diesel lebih efisien maka pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit. Jika digunakan untuk melewati daerah berair ( banjir ) maka mobil dengan mesin diesel tentu lebih tangguh karena mobil diesel ini tidak menggunakan busi dan komponen kelistrikan yang berhubungan dengan kehidupan mesin.

Harga baru mobil diesel relatif lebih mahal karena komponen mesin mobil diesel memerlukan logam bermutu tinggi, hal ini disebabkan pembakaran dalam ruang bakar memerlukan kompresi mesin yang sempurna. Hal ini disebabkan penggunaan material mesin diesel berbeda dengan material mesin bensin. Perbedaan harga juga disebabkan oleh penggunaan spare part yang berbeda. Namun biasanya selisih harga mobil diesel dan bensin tidak terpaut jauh pada harga barunya, lihat perbedaan harga baru kijang innova bensin dan diesel :

TYPE KIJANG INNOVA HARGA MESIN DIESEL HARGA MESIN GASOLINE
G A/T Rp. 295.200.000,00 Rp. 280.100.000,-
G M/T Rp. 281.700.000,00 Rp. 266.600.000,-
V M/T Rp. 317.350.000,00 Rp. 301.650.000,-
V A/T Rp. 330.850.000,00 Rp. 315.150.000,-
E M/T Rp. 262.600.000,00 Rp. 246.200.000,-

nb : Daftar diatas merupakan harga baru kijang innova, bisa saja harganya sedikit berbeda saat anda membelinya, karena perbedaan waktu pembelian.

Dengan kenaikan harga BBM yang terus menerus naik, tentunya pemilik kendaraan harus menemukan cara terbaik bagaimana meminimalkan penggunaan BBM kendaraannya sehingga dana untuk pembelian BBM dapat dikurangi.

loading...

Leave a Reply