Home >> Bengkel >> Beberapa kerugian memasang AC double blower pada mobil

Beberapa kerugian memasang AC double blower pada mobil

Sebenarnya banyak kerugian ketika anda memutuskan untuk menambah AC mobil anda. Sehingga sebaiknya anda berfikir dua kali sebelum anda pergi ke bengkel untuk menambah AC mobil. Jadi kalau AC bawaan mobil anda adalah single blower akan lebih baik dimaksimalkan dari pada harus menambah deretan AC baru ( double blower ). Apa untungnya menggunakan AC double blower jika sesungguhnya anda tidak memerlukannya. Banyak pemilik mobil khususnya kendaraan pribadi yang menambah AC mobilnya dan di pasang pada bagian belakang. Namun apakah penambahan AC tersebut mempunyai manfaat atau bahkan malah mubazir.

Sebenarnya pabrikan mobil telah mempelajari tentang penggunaan AC pada mobil produknya, sehingga sebaiknya anda tidak memodifikasi sistem AC yang sudah terpasang. Penggunaan dan pemilihan jenis AC atau type AC yang di pasangkan pada kendaraan telah disesuaikan dengan performa kendaraan, sehingga jika anda melakukan penambahan jumlah AC dari single blower menjadi double blower justru akan berdampak pada pengurangan performa kendaraan anda.

Jika anda perhatikan bahwa sebagian besar mobil yang mempunyai isi silinder 1.5l atau 1500 cc ke bawah menggunakan sistem AC single blower. Meskipun ada beberapa mobil pribadi yang menggunakan double blower biasanya karena hasil modifikasi saja. Namun pada mobil silinder besar yakni 2000 cc ke atas kebanyakan telah dilengkapi dengan AC double blower, salah satu contohnya toyota kijang innova.

Di samping banyak kerugiannya, ternyata biaya penambahan blower AC ini juga tidak sedikit. Penambahan sistem AC pada mobil memerlukan beberapa modifikasi sistem ac bawaan mobil, seperti penggantian kompresor AC baru yang harganya lumayan mahal. Namun jika kompresor AC tidak diganti juga bisa tetapi kerjanya menjadi tambah berat dan ujung ujungnya cepat rusak. Belum udara dingin yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda dengan single blower.

Anda tentunya harus membeli evaporator, blower AC, dan lainnya. Adapun besarnya biaya tambah double blower ini biasanya sekitar 3 hingga 4 jutaan tergantung type kendaraan tanpa penggantian kompresor AC karena harga kompresor AC mahal juga. Admin sendiri pernah melakukan penambahan AC menjadi double blower, namun hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harapan. Udara dingin yang dihembuskan masih standar. Namun demikian pada dasarnya tidak ada larangan menambah jumlah AC yang ada, namun sebenarnya dengan menambah jumlah AC dari single blower menjadi double blower, maka sesungguhnya banyak kerugiannya dari pada keuntungannya. Apa saja kelemahan menambah jumlah AC dalam mobil.

Beberapa kerugian menambah AC menjadi double blower

  • Tarikan mesin kendaraan bertambah berat.
  • Performa kendaraan sudah tidak standar.
  • Pemakaian bahan bakar bertambah boros.

AC double blower

Loading...

Dengan demikian sebaiknya anda pikir pikir dulu ketika ingin menambah AC mobil menjadi double blower. Cari informasi sebanyak mungkin dan pikirkan juga untung dan ruginya, sehingga tidak menyesal di kemudian hari karena hasilnya tidak maksimal. Pelajari dahulu cara kerja sistem AC mobil

loading...

Kendaraan yang mempunyai kapasitas silinder kecil memang seharusnya menggunakan AC single. Pabrikan mobil juga telah memperhitungkan hal ini, itulah sebabnya mobil mobil yang mempunyai bilangan CC kecil dari sononya hanya menggunakan AC single. Jika dipaksakan justru malah memperberat kerja mesin dan boros bahan bakar. Masih ingin menambah sistem AC mobil anda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *