Home >> Bengkel >> Bagaimana cara setting karburator motor maupun mobil

Bagaimana cara setting karburator motor maupun mobil

Setting karburator motor maupun setting karburator mobil tidak jauh berbeda hanya berbeda caranya saja. Bagaimana sebenarnya cara setting karburator mobil dan motor, berikut penjelasannya :

Karburator merupakan salah satu komponen sebuah kendaraan yang berfungsi sebagai bejana atau sistem untuk mencampur bahan bakar dan udara bersih sehingga menghasilkan campuran yang sempurna. Perbandingan bahan bakar dan udara dapat menentukan akselarasi sebuah kendaraan, untuk inilah karburator diperlukan. Pada kendaraan kendaraan model lama masih menggunakan karburator sebagai sistem pencampur bahan bakar dan udara. Kendaraan kendaraan ini sebagian besar masih berkeliaran di jalan jalan Indonesia. Bahkan sebagian besar sepeda motor masih mengandalkan sistem karburator dari pada sistem injeksi hingga saat ini.

Dengan demikian anda sebagai pemilik kendaraan sebaiknya memahami dan mengerti tentang cara setting karburator kendaraan, paling tidak memahami bagaimana cara kerjanya. Jika anda dapat setting karburator kendaraan anda sendiri. Paling tidak dapat mengurangi biaya perawatan kendaraan anda.

Secara umum fungsi karburator mobil dan motor sama yaitu sebagai media pencampur bahan bakar dan udara, hanya berbeda bentuk dan besar kecilnya, namun mempunyai bagian bagian yang sama. Pelajari apa saja komponen karburator mobil.

Bagaimana cara seting karburator yang benar, sehingga menghasilkan campuran sempurna dan akselarasi spontan. Perlu diketahui bahwa jika terjadi ketidak sesuaian campuran bahan bakar dan udara dapat berakibat pada laju dan kesehatan kendaraan anda.

Namun sebaiknya dikerjakan oleh mereka yang telah mempunyai pengalaman dan memahami sistem karburator, karena meskipun hanya memutar ( setting ) beberapa skrup, namun juga perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan kinerja mesin mobil dan juga kinerja AC mobil. Namun jika anda merupakan seseorang yang suka tantangan, maka tidak ada salahnya anda mencoba setting karburator kendaraan anda sendiri.

setting karburator

Bagaimana cara seting karburator mobil. Meskipun secara umum setting karburator tidak rumit, namun karburator mobil lebih kompleks, sehingga memerlukan ketelitian dan perasaan supaya hasilnya lebih maksimal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda mencoba akan setting karburator kendaraan anda. Mobil mempunyai seperangkat tambahan seperti AC, sehingga ketika anda setting karburator, sebaiknya AC mobil dalam keadaan hidup.

Secara umum hanya melibatkan tiga buah skrup yaitu : rpm mesin, idle up AC, dan skrup pencampur bahan bakar dan udara. Namun sebaiknya sebelum penyetelah maka karburator dalam keadaan bersih dan pastikan setiap rongga karburator bersih dari segala kotoran debu dan karat. Ikuti langkah langkah berikut :

  1. Hidupkan AC mobil anda dan atur skrup idle up AC hingga mencapat putaran mesin ( rpm ) terendah dan mobil tidak mati.
  2. Sekarang beralih ke skrup untuk rpm mesin. Kendorkan pelan pelan hingga mencapai batas rpm terendah. Ketika mesin kendaraan mau mati putar balik sedikit.
  3. Pastikan skrup pencampur bahan bakar bekerja sempurna, putar kekiri dan kekanan apakah berpengaruh pada putaran maupun suara kendaraan, jika ya berarti masih dalam keadaan bagus. Atur skrup tersebut sehingga mencapai putaran tertinggi.
  4. Ketika mobil dalam keadaan langsam biasanya mempunyai rpm sekitar 800 hingga 1000. Atur skrup rpm sehingga mendapatkan putaran mesin yang diinginkan.
  5. Sekarang hidupkan kembali AC mobil anda, seharusnya rpm kendaraan anda sedikit naik dan suara mobil tambah sedikit. Kemudian matikan kembali AC, seharusnya rpm kembali ke semula.
  6. Sekarang hidupkan AC maupun lampu lampu mobil, tentunya rpm akan bertambah. Dan ketika dimatikan ( AC dan lampu ) maka rpm turun kembali.

Ketika setting karburator pastikan mobil anda tetap hidup, namun jika tiba tiba mati, maka putar sedikit skrup pencampur bahan bakar. Pertahankan mobil anda hingga mesin bekerja hingga sempurna atau anda dapat membawa kendaraan anda melaju.

Cara setting karburator motor lebih mudah dan tidak serumit karburator mobil. Ketika anda akan menyetel karburator motor, sebaiknya lepas dan bersihkan supaya hasil settingan anda sempurna. Semprot dan bersihkan semua komponen komponen karburator motor anda termasuk lobang lobang spuyer yang sangat kecil.

Ketika anda membersihkan karburator motor sebaiknya di tempat yang bersih dan terbebas dari benda lain. Hal ini untuk memudahkan kerja anda. Jaga jangan sampai ada yang hilang atau tertinggal ketika anda memasang kembali.

Karburator motor hanya mempunyai dua skrup yakni skrup untuk udara dan skrup untuk rpm mesin, sehingga setting karburator motor relatif lebih mudah dari pada setting karburator mobil. ikuti langkah langkah sederhana berikut :

  1. Putar skrup udara kekanan hingga habis ( menutup ) dan kembalikan ( buka ) hingga 1 1/2 kali putaran.
  2. Hidupkan motor dan atur skrup rpm mesin hingga putaran terendah ( namun jangan sampai mati ).
  3. Cek gas buang melalui knalpot. Campuran yang sempurna akan menghasilkan gas buang tidak pedas dan tidak bau menyengat. Jika gas buang pedas maka atur kembali skrup angin.
  4. Jika ternyata motor anda tidak dapat langsam, maka cuci dan semprot karburator motor anda.

Menyetel karburator motor maupun mobil tidak terlalu sulit, bahkan dapat dibilang mudah. Namun demikian tetap memerlukan pengalaman dan keseriusan dalam bekerja. Dapatkan info harga kijang bekas semua tip[e dan varian.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *