Home >> Bengkel >> Bagaimana cara setting karburator mobil kijang

Bagaimana cara setting karburator mobil kijang

Tidak dapat ditolak bahwa karburator mempunyai fungsi sangat penting pada sebuah kendaraan, seperti pada motor maupun mobil. Sehingga kebersihan dan kerja karburator pada sebuah kendaraan harus tetap dijaga dengan baik. Untuk itu servis karburator harus dilakukan secara teratur. Dengan demikian performa dan kelayakan kendaraan akan tetap terjaga dengan baik. Fungsi karburator mobil adalah tempat untuk mencampurkan bahan bakar dan udara sehingga mempunyai campuran yang sempurna dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk kabut. Kesalahan setting karburator dapat berakibat borosnya pemakaian bahan bakar dan berkurangnya akselarasi kendaraan.

Ketika karburator berfungsi dengan baik dan lancar, maka kendaraan anda akan mudah dihidupkan. Tetapi jika karburator bermasalah, maka kendaraan akan susah dihidupkan dan jika dapat hidup mesin brebet dan kalau dipaksakan laju kendaraan juga tidak akan stabil dan kemungkinan sering mogok di tengah jalan. Sehingga tentu saja akan mengganggu perjalanan anda. Namun bagaimana cara membersihkan dan setting karburator.

Mengingat di indonesia banyak sekali pemakai mobil produk toyota, terutama toyota kijang karena harga toyota kijang bekas stabil dan spare part masih mudah dicari. Maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara setting karburator mobil kijang, secara umum komponen komponen karburator sama, hanya bentuknya saja yang sedikit berbeda.

Ada beberapa tahapan saat membersihkan karburator mobil kijang dan sebaiknya dikerjakan secara berurutan supaya tertib dan tidak tumpang tindih. Sebenarnya membersihkan karburator kijang tidak rumit dan anda dapat melakukannya sendiri. Yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan kesabaran. Semakin sering anda membersihkan karburator mobil kijang anda, maka semakin pandai anda setting karburator. Karena pada dasarnya setting karburator membutuhkan perasaan (feeling) saat penyetelan spuyer spuyer.

  • Filter (saringan) udara
  • Filter bensin
  • Ruang karburator
  • Setting karburator

karburator kijang

 

Tahap pertama kita mulai dari saluran masuk utama yaitu filter udara. Lepas filter udara dan amati apakah dapat dibersihkan atau tidak.Jika memungkinkan dapat disemprot dengan angin kompresor. Semprot dengan tekanan angin sedang, hati hati jangan sampai robek. Semprot filter udara dari arah berlawanan sehingga debu keluar dengan mudah. Namun jika sudah sangat kotor dan berwarna hitam sebaiknya ganti yang baru. Penggantian filter udara sebaiknya setelah pemakaian 2 tahun atau setelah menempuh 40.000 km.

Tidak kalah pentingnya adalah filter bensin. Apalagi mobil kijang rata rata sudah berumur tua sehingga kemungkinan banyak kerak di tanki bensin. Bersihkan filter bensin dengan cara melepasnya. Kemudian tutup lobang masuk dan keluar dengan kedua jari tangan dan kocok kocok lalu keluarkan. Ulangi beberapa kali hingga bersih. Dan terakhir pasang kembali.

Penggantian spare part toyota kijang mudah dilakukan, karena spare part toyota kijang berlimpah dipasaran. Spare part toyota kijang super cukup murah dan anda juga dapat mencari harga miring, hal ini karena spare part toyota kijang super ada beberapa type dan jenisnya.

Bagian paling penting adalah ruang karburator, sehingga harus hati hati saat setting karburator kendaraan anda. Untuk membersihkan karburator kijang dengan hasil sempurna maka anda harus melepasnya. Lepas baut baut karburator yang bertujuan untuk membersihkan kotoran yang selama ini mengendap di ruang penampungan.

Jika anda baru pertama kali membuka karburator kijang sebaiknya amati dengan teliti dan jika anda ingin melepas baut baut yang ada di dalam karburator disarankan untuk melepas secara perlahan dan jaga jangan sampai slek ( dol ). Namun sebaiknya anda tidak melepas spuyer spuyer yang ada dalam karburator kijang anda kecuali sudah sangat terpaksa karena mampet. Tugas utama anda hanyalah membersihkan kerak yang mengendap di dalam karburator.

Langkah terakhir pasang kembali karburator kijang anda dengan hati hati dan cek kembali sebelum anda menuju setting karburator ( penyetelan spuyer ). Setelah semua beres kemudian hidupkan mobil kijang anda. Dapatkan harga mobil toyota terbaru update 2016.

Setting spuyer angin sehingga mendapatkan putaran mesin langsam, biasanya menggunakan 1,5 putaran saja. Jika anda mempunyai carbulator cleaner, maka semprotkan kearah masuk karburator dua hingga tiga kali semprotan, kemudian tutup dengan telapak tangan ( buka/ tutup ) sambil mainkan gas.

Langkah terakhir adalah setting baut putaran mesin hingga mendapatkan putaran mesin stabil dan tidak mati. Diamkan hingga beberapa saat dan pastikan mesin tidak mati. Matikan mobil anda dan diamkan beberapa saat, kemudian hidupkan kembali. Jika dapat hidup dengan mudah, berarti setting karburator telah selesai.

Harga karburator mobil bervariasi tergantung jenis kendaraannya, tetapi paling tidak harga karburator original dapat mencapai hingga jutaan rupiah. Cek harga karburator mobil baru maupun bekas.

Beberapa daftar harga karburator mobil

Karburator Spesifikasi Perkiraan harga
Kijang Grand 1.5 Baru Rp 750.000,-
Corolla 1600CC Bekas Rp 450.000,-
Carry Bekas Rp 500.000,-
Mitsubishi T120 SS Baru Rp 600.000,-
Kijang 7K Baru Rp 750.000,-
Kijang 5K Baru Rp 570.000,-
Ford tahun 97 Bekas Rp 450.000,-
Carry Futura 1.300 Cc Baru Rp 575.000,-
Hartop Baru Rp 900.000,-
Timor SOHC Bekas Rp 1.800.000,-

untuk lebih mengenal karburator mobil dan cara kerjanya, maka tidak ada salahnya jika anda belajar mengenal komponen komponen karburator dan fungsinya. Sehingga anda memiliki gambaran yang jelas tentang karburator ini.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *