Home >> Bengkel >> Bagaimana cara merawat aki mobil dan motor

Bagaimana cara merawat aki mobil dan motor

advertisements

Pemilik kendaraan sebaiknya mengerti cara merawat aki mobil maupun aki motor. Bagaimana sebenarnya cara merawat aki kendaraan supaya awet dan tahan lama. Accu atau sering disebut sebagai aki mempunyai peran dan fungsi sangat penting pada kendaraan khususnya mobil dan motor. Namun tanpa dirawat dengan benar usia aki mobil atau aki motor tidak akan bertahan lama. Bagaimana sebenarnya cara merawat aki mobil maupun aki motor.

Aki mobil maupun motor anda memerlukan perawatan secara teratur sehingga awet dan tahan lama. Cara merawat aki motor maupun mobil sebenarnya tidak sulit dan dapat anda lakukan sendiri. Dengan perawatan yang benar, maka usia atau umur accu / aki anda akan lebih awet. Dan yang paling penting anda tidak direpotkan waktu menghidupkan kendaraan anda.

Jika aki kendaraan anda soak tentu sangat susah dan kemungkinan gagal star. Dan sudah saatnya anda mengganti dengan aki yang baru. Harga aki mobil berkisar antara 500 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenis dan ampere aki kendaraan anda.

Accu atau yang sering disebut aki merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor. Tanpa dukungan aki mungkin anda akan kerepotan menyalakan mobil atau motor kesayangan anda. Selain merawat mesin mobil secara teratur, maka accu atau aki juga memerlukan perawatan secara teratur. Sehingga umur aki akan lebih awet. Perawatan aki juga tergantung dari jenis aki. Namun bagaimana cara merawat accu / aki supaya awet dan tahan lama.

Accu / aki adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang dapat mengeluarkan listrik. Tugas aki termasuk berat dan beragam, seperti : untuk stater, lampu sen, lampu rem, lampu headlamp, dan lainnya. Ketika digunakan maka arus listrik yang tersimpan di dalam aki akan berkurang. Untung ada kiprok yang bertugas mengisi kembali arus listrik yang hilang karena pemakaian. Sehingga listrik yang tersimpan didalam accu / aki akan tetap stabil. Dengan demikian secara teori aki akan tetap stabil dan bagus. Pelajari cara merawat lampu headlamp.

aki mobil dan motor

Namun pada kenyataannya usia atau umur accu / aki tidak panjang. Secara umum usia accu / aki hanya dapat bertahan hingga sekitar dua hingga tiga tahun, namun kadang tidak sampai dua tahun aki sudah mati atau mungkin rusak. Meski demikian jika dilakukan perawatan yang teratur, maka usia accu / aki dapat bertahan hingga tiga sampai empat tahun dan bahkan lebih dari itu.

Dengan demikian jika anda menginginkan umur aki anda lebih awet, maka sebaiknya merawat aki secara teratur dan benar. Namun bagaimana cara merawat aki kendaraan anda. Berikut sedikit tips tentang cara merawat aki mobil atau motor anda. Karena pada dasarnya aki mobil dan motor sama, hanya berbeda besarnya amperenya saja. Maka cara merawatnyapun hampir sama.

Cara merawat aki mobil / motor

Sebenarnya tidak sulit dan gampang melakukannya. Hanya kemauan untuk memeriksa aki secara teratur. Berikut bagaimana cara merawat aki basah yang benar. Aki basah adalah aki yang didalamnya berisi larutan asam sulfat atau h2so4.

  1. Rajin memeriksa ketinggian air accu / aki paling tidak seminggu sekali untuk pemakaian normal. Setiap aki mempunyai batas tinggi ( upper ) dan batas rendah ( low ). Tugas anda adalah menjaga ketinggian air aki antara garis low dan upper, tambah jika kurang.
  2. Jika memerlukan penambahan air aki, maka gunakan air suling. Anda dapat membelinya di toko yang menjual onderdil kendaraan.
  3. Untuk penambahan air aki jangan menggunakan air zuur. Air aki jenis zuur hanya diperbolehkan pada penambahan pertama yaitu ketika pertama kali anda membeli accu / aki baru.
  4. Periksa katub + maupun – paling tidak sebulan sekali dan kencangkan jika kendor. Kekendoran baut pada terminal aki akan memicu timbulnya kerak putih dan hal ini akan menghambat arus yang masuk maupun keluar.
  5. Untuk menjaga timbulnya kerak pada terminal aki, maka sebaiknya oleskan gemuk / gress / stempet.
  6. Larutan zat cair didalam aki ( h2so4 ) akan berkurang karena adanya penguapan ketika kendaraan anda gunakan, penguapan sebanding dengan pemakaian kendaraan anda. Jika anda menggunakan kendaraan untuk pulang kampung yang membutuhkan puluhan jam, maka setelah sampai jangan lupa memeriksa ketinggian air aki.
  7. Ketika anda akan mencopot accu / aki, maka sebaiknya lepas terminal minus ( – ) dahulu, namun jika pemasangan maka terminal plus ( + ) didahulukan.

Meskipun anda telah melakukan perawatan aki dengan sangat baik, namun kadang menemui masalah kenapa strum aki tekor. Hal ini biasanya diakibatkan oleh beberapa sebab, misalnya :

  1. Pemakaian yang boros. Hal ini disebabkan oleh penambahan asesoris yang berupa lampu lampu atau alat elektronik lainnya. Lampu tembak membutuhkan power yang basar, sehingga cepat menghabiskan cadangan stroom aki.
  2. Adanya arus pendek atau konsleting pada kabel kabel. Arus pendek ringan biasanya tidak menimbulkan pengaruh yang besar. Hal ini justru merepotkan, karena setelah beberapa jam aki anda akan tekor.

loading...

Leave a Reply