Home >> Bengkel >> Bagaimana cara mengganti air radiator mobil maupun motor

Bagaimana cara mengganti air radiator mobil maupun motor

Air radiator mobil mempunyai fungsi sangat penting, demikian juga dengan motor berpendingin cairan. Sehingga penggantian dan pengecekan harus teratur. Bagaimana cara mengganti air radiator yang benar. Banyak yang bertanya tentang cara mengganti air radiator mobil maupun motor. Sebenarnya mengganti air radiator cukup mudah dan anda tentunya dapat mengganti maupun menguras air radiator mobil atau motor anda, sehingga tidak harus pergi ke bengkel kalau hanya untuk mengganti atau menambah air radiator mobil anda. Lihat juga petunjuk cara membersihkan kisi kisi radiator mobil.

Harga air radiator atau air coolant berkisar antara 50 hingga 100 ribuan tergantung merek. Biasanya air coolant di jual dalam kemasan plastik 5 liter. Air radiator untuk mobil sama dengan air radiator motor, hanya kemasan untuk motor lebih kecil ( 1 lter ). Beberapa jenis motor yang menggunakan air radiator adalah kawasaki ninja 250RR, honda vario, yamaha vixion. Harga radiator mobil berkisar antara 1 hingga 8 jutaan tergantung type mobil.

Biasanya anda hanya perlu menambah atau cek secara teratur air radiator mobil maupun motor dan jangan menunggu hingga air radiator habis. Paling tidak seminggu sekali pengecekan harus anda lakukan jika kendaraan anda pakai setiap hari. Anda hanya perlu menambahnya jika air radiator berkurang. Pastikan tinggi air radiator selalu dalam keadaan standar. Tambah jika tinggi air radiator berkurang.

Ada saran penting saat anda menambah air radiator mobil. Pastikan anda tidak mengisi terlalu penuh dan perhatikan air radiator cadangan juga tidak terlalu jauh dari level normal dan juga tidak melebihi level high. Pengisian air radiator mobil yang terlalu penuh bahkan hingga ke bibir tutup justru dapat menyebabkan ruang radiator vacum, sehingga saat air radiator banyak berkurang dan celakanya air cadangan ( Reservoir ) tidak dapat masuk ke radiator, sehingga mengakibatkan mesin mobil mati karena overheat. Untuk itu disarankan untuk selalu memperhatikan sirkulasi udara tidak mampet.

Dalam menjaga kualitas air radiator coolant mobil tetap terjaga dengan baik, maka pada pemakaian sekitar 2 tahun atau sekitar 80.000 km maka anda sebaiknya mengganti dan menguras air coolant. Bagaimanapun bagusnya kualitas air coolant tetap saja meninggalkan residu ( endapan lumpur ) yang dapat mengganggu kinerja cooling kendaraan / pendingin kendaraan anda. Anda dapat menguras dan mengganti sendiri air radiator mobil anda. Mengganti air radiator coolant tidak memerlukan cara cara khusus.

radiator xenia

Sebelum mengganti air radiator ( bukan tambah ) sebaiknya bersihkan saluran air coolant dengan cairan khusus pembersih radiator yang sering disebut sebagai Radiator Flush. Radiator flush berfungsi untuk melunakkan endapan endapan yang mungkin terjadi dan menyumbat saluran radiator. Perlu diketahui bahwa saluran air coolant radiator sangat kecil sehingga sangat mudah tersumbat. Penggunaan Radiator Flush harus benar dan Radiator Flush hanya untuk membantu pembuangan endapan lumpur yang menempel di saluran radiator, sehingga tidak dibenarkan Radiator Flush digunakan sebagai air cooling.

Langkah pertama adalah membuang air radiator dengan membuka tutup plastik yang berada di bagian bawah, setelah habis terkuras kemudian tutup kembali. Hidupkan mobil supaya terjadi sirkulasi air radiator Flush paling tidak sekitar 5 menit sudah cukup. Kemudian bilas dengan air suling. Anda dapat memperoleh air suling tanpa harus membeli. Air buangan AC lumayan bagus untuk dipakai sebagai air bilasan radiator. Air AC merupakan air murni sehingga tidak menimbulkan karat dan lumut.

radiator bagian bawah

Lakukan sirkulasi dengan air suling ( air buangan AC ) untuk mendapatkan hasil sempurna. Tentunya sirkulasi dapat berhasil dengan baik dengan menghidupkan mesin kendaraan. Ulangi beberapa kali hingga air buangan bersih. Langkah terakhir isi radiator anda dengan air coolant baru.

Namun ada satu cara menguras dan mengganti air radiator dengan hasil lebih sempurna, namun cara tersebut sebaiknya di dampingi oleh mereka yang sudah mempunyai pengalaman. Karena cara ini memang memerlukan keberanian dan memahami proses cooling mobil. Ada baiknya anda memperhatikan saat bengkel mengganti air coolant.

Cara mengganti air radiator dengan hasil sempurna

Persiapan : air radiator coolant, obeng minus, ember, air ledeng ( lebih bagus air buangan AC ). Penggantian air radiator sebaiknya dilakukan oleh dua orang.

  1. Lepas selang plastik radiator yang sebelah atas ( saluran balik dari mesin ) dan lepas juga tutup radiator bagian atas untuk pengisian.
  2. Taruh ember di mulut selang yang dari arah mesin. Ember berguna untuk menampung buangan air radiator.
  3. Hidupkan mesin mobil dan dibarengi dengan pengisian air bersih ( air ledeng / air AC ) terus menerus hingga air buangan bersih.
  4. Atau jika anda menggunakan cairan pembersih ( Radiator Flush ) setelah mesin hidup air pembersih dimasukkan hingga air buangan berubah seperti air pembersih kemudian matikan mesin. Tutup seperti semula dan hidupkan mesin kembali supaya sirkulasi dan pembersihan berjalan. Langkah selanjutnya bilas dengan air ledeng.
  5. Setelah radiator bersih, sekarang air coolant yang baru anda masukkan. Caranya sama seperti saat sirkulasi, hanya bedanya ketika air buangan berubah seperti air coolant matikan mesin.
  6. Sebaiknya anda juga mengganti air cadangan dengan air coolant baru.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *