Home >> Bengkel >> Apa perbedaan prima xp 10w-40 API SL dengan prima xp 20w-50 API SJ

Apa perbedaan prima xp 10w-40 API SL dengan prima xp 20w-50 API SJ

Apa saja perbedaan jenis oli prima xp 10w-40 dengan prima xp 20w-50. Dengan mengetahui jenis oli prima xp, maka anda akan lebih paham penggunaannya. Sebagaimana diketahui bahwa oli mesin mempunyai fungsi vital sebagai minyak pelumas gigi gigi mesin kendaraan karena terjadinya gesekan. Penggunaan oli mesin pada sebuah kendaraan dapat memperlancar dan melindungi logam ( mesin ) dari gesekan gesekan saat kendaraan dihidupkan. Oleh karena itu memilih oli mesin yang sesuai dengan performa kendaraan mutlak diperlukan.

Dengan demikian jika sebuah kendaraan menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan peruntukannya, maka akan mengakibatkan cepat ausnya logam logam mesin yang saling bergesekan. Apalagi pada jenis kendaraan modern ( keluaran terbaru ) yang sangat memperhatikan presisi ( ketelitian ) mesin yang tinggi. Disamping itu meskipun anda telah menggunakan oli mesin kendaraan ayng bagus dan sesuai dengan rekomendasi, tentunya juga mesti melakukan penggantian secara teratur.

Pabrikan kendaraan mobil maupun sepeda motor biasanya telah mencantumkan merek maupun jenis oli mesin untuk kendaraan produknya. Pabrikan kendaraan tersebut telah melakukan riset / penelitian yang mendalam tentang jenis oli mesin yang sesuai dengan kriteria mesin kendaraan produknya. Meskipun demikian awet tidaknya kendaraan anda juga tidak hanya bergantung pada jenis oli mesin apa yang anda pakai, namun juga tergantung dari bagaimana cara anda mengendarai kendaraan.

Oleh karena itu sebaiknya pemilik kendaraan ( baru ) menggunakan merek oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Mengapa harus memakai oli rekomendasi yang kadang tidak sama dengan selera pemilik kendaraan. Hal ini bisa dimaklumi, namun demikian selama masa garansi mesin belum habis, maka sebaiknya anda tetap menerapkan jenis oli mesin sesuai rujukan pabrikan kendaraan anda, karena jika terjadi kerusakan mesin dan kebetulan anda menggunakan jenis oli lain, maka hal ini bisa dijadikan alasan garansi tidak berlaku. Ketika masa garansi telah lewat, maka anda bebas menggunakan jenis dan merek oli sesuai dengan selera anda.

Setiap pembelian kendaraan baru biasanya disertai dengan jaminan mesin kendaraan dan komponen lainnya. Jika suatu saat selama masa garansi kendaraan anda bermasalah dan anda menggunakan jenis oli yang tidak sesuai dengan merek oli rekomendasi pabrikan kendaraan, maka sudah pasti komplain anda akan ditolak mentah mentah.

perbedaan prima xp

Menanggapi pertanyaan mas Azis tentang “Apa perbedaan prima xp 10w-40 API SL dengan prima xp 20w-50 API SJ”, maka berikut kami sampaikan performa dari setiap jenis oli tersebut :

Loading...
Prima xp 10w-40 API SL Prima xp 20w-50 API SJ
PERFORMA
Minyak pelumas yang didesain untuk mesin bensin dengan bahan dasar oli semi sintetis dengan penambahan zat aditif (RN additive) Minyak pelumas yang didesain untuk mesin bensin dengan bahan dasar oli semi sintetis dengan penambahan zat aditif (RN additive)
STANDAR MUTU
Sesuai dengan tingkatan mutu API SL dengan persyaratan API CF dan ACEA A2-96/B2-98 Sesuai dengan tingkatan mutu API SJ dengan persyaratan API CF, ACEA A2-96/B2-98 dan JASO MA
KEUNGGULAN
Mempunyai tingkat kekentalan ganda sehingga mampu melindungi logam mesin pada putaran rendah maupun tinggi.2. Tahan terhadap oksidasi dan panas.3. Mencegah pembentukan kerak ( deposit ) Mempunyai tingkat kekentalan ganda sehingga mampu melindungi logam mesin pada putaran rendah maupun tinggi.2. Tahan terhadap oksidasi dan panas.3. Mencegah pembentukan kerak ( deposit )
REKOMENDASI
Kendaraan dengan sistem Direct Injection dan multikatup Kendaraan dengan multikatup sistem DOHC ( Twin Cam )
PENGGUNAAN
Mesin bensin Mesin bensin & mesin diesel (tugas sedang)
HARGA
Rp. 41.250,- Rp. 32.000,-
MASA PAKAI
10.000 km 7.500 km

Harga oli Prima xp 10w-40 API SL dan Prima xp 20w-50 API SJ dapat saja berbeda pada setiap toko oli. Cek harga oli merek shell helix, castrol, Pertamina, Petronas, ELF, CONOCO, CALTEX, AGIP, ARAL, dan VALVOLINE. Pelajari lebih detil tentang bagaimana cara memilih oli kendaraan yang benar.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *